Beranda LINGKUNGAN HIDUP 11 Masalah Lingkungan Hidup yang Jadi Ancaman Mahluk Bumi

11 Masalah Lingkungan Hidup yang Jadi Ancaman Mahluk Bumi

 

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar ( Al-Qur’an surah Ar-Rum ayat 41)

dalam satu dekade terakhir problem lingkungan hidup intens diperbincangkan di forum dunia.  Negara juga semakin aktif membuat perjanjian dan peraturan antar negara untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Ini menunjukkan masalah lingkungan hidup diatasi dan dihindari masyarakat dunia.

Berikut 11 masalah lingkungan hidup yang jadi ancaman mahluk bumi dan  mesti diatasi dan dihindari masyarakat dunia sehingga secara berkelanjutan bumi tempat berpijak tetap aman dan nyaman.

Polusi

Polusi udara, air dan tanah memerlukan waktu jutaan tahun agar dapat normal kembali. Sektor Industri dan asap kendaraan bermotor adalah sumber pencemaran utama menyebabkan memburuknya lingkungan hidup.

Logam berat, nitrat dan plastik beracun bertanggung jawab atas berbagai pencemaran yang ada.Sementara polusi air disebabkan oleh tumpahan minyak, hujan asam, limpasan perkotaan.

Dilain pihak, pencemaran udara disebabkan oleh berbagai gas dan racun yang dikeluarkan oleh industri dan pabrik-pabrik serta sisa pembakaran bahan bakar fosil; pencemaran tanah terutama disebabkan oleh limbah industri yang merusak unsur hara dan zat nutrisi di tanah yang penting bagi tumbuhan.

Perubahan iklim

Perubahan iklim seperti pemanasan global adalah hasil dari praktik manusia seperti emisi gas rumah kaca. Pemanasan global menyebabkan meningkatnya suhu lautan dan permukaan bumi sehingga menyebabkan mencairnya es di kutub dan kenaikan permukaan air laut.

Ia juga mengubah pola alami musim dan curah hujan seperti banjir bandang, salju berlebihan atau penggurunan.

Akibat perubahan cuaca tersebut, produksi pertanian sering mengalami gagal panen dan memperbesar peluang terjadinya kebakaran hutan akibat terjadinya musim kering berkepanjangan.

Kelebihan Populasi

Populasi planet ini mencapai tingkat yang tidak berkelanjutan karena menghadapi kekurangan sumber daya seperti air, bahan bakar dan makanan.

Ledakan populasi di negara-negara maju dan berkembang yang terus menyebabkan semakin langkanya sumber daya.

Pertanian intensif yang bertujuan untuk meningkatkan produksi makanan dengan menggunakan pestisida justru pada akhirnya menimbulkan kerusakan lingkungan berupa menurunnya kualitas tanah dan kesehatan manusia.

Penipisan sumber daya alam

Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi bertanggung jawab menciptakan pemanasan global dan perubahan iklim.

Banyak negara maju  mulai beralih menggunakan sumber daya terbarukan, seperti listrik tenaga surya, biogas dan mobil tenaga matahari.

Meski dalam jangka pendek, instalasi peralatan fasilitas teknologi ramah lingkungan ini akan terlihat cukup mahal, tetapi dalam jangka panjang akan sangat murah dibandingkan penggunaan energi fosil dan tidak terbarukan.

Pembuangan limbah

Limbah rumah tangga, limbah dari sektor industri  sering dibuang ke sungai  menyebabkan ikan-ikan mati dan hancurnya ekosistem sungai.

Padahal sungai-sungai ini penting bagi ekonomi masyarakat dan penting untuk memasok sumber makanan bagi masyarakat.

Pembuangan limbah ini akhirnya akan menyebabkan pencemaran laut di indonesia dan merusak ekosistem laut, sumber perikanan.

Tidak kalah penting adalah pembuangan limbah nuklir. Pembuangan limbah nuklir memiliki bahaya kesehatan yang luar biasa, terutama akibat radiasi.

Plastik, makanan cepat saji, kemasan dan limbah elektronik murah mengancam kesejahteraan manusia.

Pembuangan limbah merupakan salah satu masalah lingkungan hidup yang mendesak untuk segera dicarikan jalan keluar

Punahnya keanekaragaman hayati

Aktifitas perburuan satwa yang tidak berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan protein manusia, seperti perburuan telur penyu atau kura-kura indonesia yang menyebabkan kura-kura sungai punah.

Punahnya spesies berarti punahnya sumber pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Ekosistem, yang menempuh waktu jutaan tahun untuk stabil dan mendukung kehidupan manusia, kini berada dalam bahaya bila ada populasi spesies yang punah atau hilang.

Keseimbangan ekosistem terganggu. Kerusakan terumbu karang di berbagai lautan, yang mendukung kehidupan laut yang kaya, menyebabkan ketersediaan ikan di lautan berkurang. Padahal populasi manusia semakin bertambah.

Deforestasi 

Persoalan lingkungan yang tidak kalah penting adalah deforestasi. Pembukaan hutan untuk pengembangan sektor perkebunan, terutama sawit, menyebabkan pelepasan karbon ke bumi sehingga meningkatkan perubahan suhu bumi.

Hutan yang sesungguhnya berperan menyerap racun karbon dioksida hasil pencemaran, kemudian mengubahnya menjadi oksigen, membantu menciptakan hujan, menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa yang penting untuk mendukung bagi kehidupan manudia, hancur digantikan tanaman monokulutur.

Padahal tanaman monokultur tidak akan mampu berperan seperti hutan di dalam mendukung pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Pengasaman laut

Keasaman laut telah meningkat dalam 250 tahun terakhir. Pada tahun 2100, mungkin meningkat sekitar 150%.Demikian menurut situs global change.

Dampak utama adalah pada punahnya kerang dan plankton, sumber makanan ikan. Jika ikan kehilangan makanan, apa yang akan terjadi pada manusia?

Pengasaman laut  merupakan dampak langsung dari produksi berlebihan gas Karbon Dioksida (CO2). Dua puluh lima persen gas CO2 yang dihasilkan oleh manusia.

Penipisan lapisan ozon

Lapisan ozon merupakan lapisan perlindungan yang tak terlihat yang menutupi planet bumi, melindungi kita dari radiasi sinar matahari yang berbahaya.

Penipisan lapisan Ozon diperkirakan disebabkan oleh polusi yang disebabkan oleh gas Klorin dan Bromida yang ditemukan di Chloro-floro karbon (CFC).

Setelah gas beracun mencapai atmosfer bagian atas, mereka menyebabkan lubang di lapisan ozon, yang terbesar berada di atas Antartika.

CFC kini dilarang di banyak industri dan produk konsumen. Lapisan ozon penting bagi manusia karena mencegah radiasi Ultraviolet (UV) yang berbahaya jika mencapai bumi. Ini wajib menjadi perhatian.

Hujan asam

Hujan asam terjadi karena adanya polutan tertentu di atmosfer. Hujan asam dapat disebabkan karena pembakaran bahan bakar fosil atau akibat meletusnya gunung berapi atau membusuknya vegetasi yang melepaskan sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke atmosfer.

Hujan asam merupakan permasalahan lingkungan yang dapat memiliki efek serius pada kesehatan manusia, satwa liar dan spesies air.

Rekayasa genetika

Modifikasi genetik makanan menggunakan bioteknologi disebut rekayasa genetika.

Produk makanan, peternakan, pertanian saat ini benyak dihasilkan oleh teknologi rekayasa genetika atau modifikasi genetik.

Modifikasi genetik dari hasil makanan, secara umum, akan meningkatkan racun dan resiko penyakit bagi menusia.

Genetika tanaman atau satwa yang dimodifikasi dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan manusia serta keseimbangan ekosistem.

Di samping itu, peningkatan penggunaan racun untuk membuat tanaman kebal terhadap gangguan serangga atau hama dapat menyebabkan organisme yang dihasilkan menjadi resisten (kebal) terhadap antibiotik.

Dengan semakin banyaknya penggunaan teknologi rekayasa genetik maka ini menjadi masalah penting.

Cara terbaik dan murah adalah kembali ke teknologi atau produk organik yaitu tidak menggunakan racun kimia dalam produksi pertanian atau peternakan sehingga manusia memiliki asupan makanan dan zat gizi yang sehat.

Jika manusia tidak kembali ke jalan yang benar, bumi akan menjadi neraka baginya.(*)

Sumber : dlh.bulelengkab.go.id | Editor : Pettarani

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Dianggap Meresahkan, Warga Pagerwojo Memasang Spanduk Perlawanan Terhadap Ponpes Al Mahdy

Liputantimur.com | Sidoarjo - Warga Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Sidoarjo secara serentak melakukan aksi perlawanan terhadap Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mahdiy. Aksi ini diwujudkan dengan pemasangan puluhan...

DPR RI Minta AS Perintahkan Israel Hentikan Genosida di Gaza

Liputantimur.com | Jakarta - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Sukamta, menyerukan agar Amerika Serikat menggunakan kekuasaan sepenuhnya untuk menghentikan genosida...

3 Hakim PN Surabaya Diadukan ke KY dan Bawas MA

Liputantimur.com | Surabaya - Hakim PN Surabaya bernama Sudar diduga kembali melakukan tindakan yang tidak etis dan janggal sebagai penegak hukum yang seharusnya terhormat. Dugaan...

PPS : 640 Anak-anak Palestina Diculik Pasukan Israel Sejak Agresi di Gaza

Liputantimur.com | Palestina - Masyarakat Tahanan Palestina (PPS) mengungkapkan bahwa pasukan pendudukan Israel (IOF) telah menculik sedikitnya 640 anak-anak Palestina sejak agresi militer di...

Mati Satu Tumbuh Seribu, Faksi Pejuang Palestina Tambal Kerugian Hamas

Liputantimur.com | Palestina - Berbagai faksi pejuang Palestina di Jalur Gaza mulai angkat senjata dan ikut bertempur melawan pasukan penjajahan Israel di Gaza. Di...

Pasukan Israel Kembali Bombardir Tenda Pengungsi di Al-Mawas,

Liputantimur.com | Gaza - Militer Israel kembali mengebom tenda pengungsi di kawasan Al-Mawasi di barat laut Rafah. Rabu (19/6/2024). Pembantaian terbaru tersebut menyebabkan beberapa korban...

LPK-RI Desak Kemendag RI Cabut Izin Usaha Indomaret Diduga Jual Barang Kadaluwarsa

Liputantimur.com | Manado - Barang kadaluwarsa marak diperjual belikan di kota Manado, Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK-RI) Sulawesi Utara, Stevy Sumampouw mendesak Menteri Perdagangan...

Israel Bom Lebanon Selatan dan AS Peringatkan Israel Serangan Iran Akan Sulit Dihalau

Liputantimur.com, Lebanon - Tadi malam, Israel melancarkan serangan terhadap desa-desa di Lebanon selatan, sementara Amerika Serikat memperingatkan Israel akan serangan Iran yang akan sulit...

8 tentara Israel tewas dalam serangan Qassam di Rafah

Liputantimur.com | Gaza - Al-Qassam sayap militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengumumkan pelaksanaan penyergapan kompleks terhadap kendaraan musuh Israel di Tal Al-Sultan, sebelah barat...

Seorang Oknum Kades di Sinjai Diduga Pungli Soal Uang Panai

Liputantimur.com | Sinjai - Kisah miris kembali nodai pelosok bumi panrita kitta 'julukan Daerah Kabupaten Sinjai,red' di mana seorang Oknum Kepala Desa (Kades) di...

Terdakwa Supu Cs Terancam Pasal Berlapis

Liputantimur.com | Makassar – Sidang perkara pidana nomor 529/Pid.B/2024/PN Makasar dengan atas nama terdakwa Supu dan Syamsuddin alias Ancu kembali digelar di Pengadilan Negeri...

Merasa Dicemarkan Nama Baiknya, Oknum Guru Laporkan Akun FB “Siti Chouirunnisa Ai” ke Polda Sulsel

Liputantimur.com | Gowa - Beredarnya di media sosial Oknum Guru di duga melakukan tidak asusila terhadap keponakannya menjadi perbincangan publik ditengah-tengah masyarakat. Lewat kuasa hukumnya,...

Belum Terima SP2HP oleh Penyidik, Keluarga Korban Mucikari di Sinjai Barat Bingung?

Liputantimur.com, Sinjai -  Keluarga Korban Kekerasan Seksual (KS) anak di bawah umur di Sinjai Barat bingung dan mempertanyakan perkembangan kasus mucikari yang menimpa putrinya. Kenapa...

Asa dan Mimpi untuk Literasi Sinjai

LIPUTANTIMUR, OPINI -Dengan rendahnya minat baca masyarakat sangat membutuhkan adanya wadah dan fasilitas belajar yang memadai juga penggerak yang tulus dan militan. Pendidikan sekolah yang...

Buka Workshop dan Tandatangani Pakta Integritas, Ini Pesan Bupati

Liputantimur.com, Donggala - Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, membuka secara resmi workshop peningkatan kapasitas masyarakat dalam bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana...

Dinilai Membahayakan, Warga Soroti Reklame yang Terbengkalai

Liputantimur.com, Makassar - Satu unit Reklame yang terletak di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang (UP), disoroti oleh Warga. Kamis, (17/02/2022). Pasalnya, Reklame...

Jalur Moncong Loe Macet Total Terkait Acara Pernikahan Anak Walikota Makassar

Liputantimur.com, Makassar - Jalur moncong loe menuju Tokka macet total hari ini jumat 6/5/22 pukul 15:59 WITA terkait acara perkawinan anak walikota Makassar Ramdhan...

Eks Dirut PDAM Makassar HYL di Tuntut 11 Tahun Penjara, JPU: Diduga Korupsi Berjamaah

Liputantimur.com, Makassar – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sulsel menuntut eks Dirut PDAM Makassar Haris Yasin Limpo dengan pidana 11 tahun penjara dan denda...

Tim Polres Metro Jabar Berhasil Ringkus Komplotan Pelaku Pencurian Mobil Box

Liputantimur.com, Jabar - Tim gabungan Jatanras dan resmob Polres Metro Jakarta Barat berhasil meringkus komplotan spesialisasi pelaku pencurian mobil box pada Minggu dini hari,...

Ketua DPC PAN Pallangga Gowa Nyatakan Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup!

Liputantimur.com, Gowa - Ketua DPC PAN Pallangga Kabupaten Gowa, Ridwan Makkulau DR, menolak sistem pemilu proporsional tertutup yang diusulkan oleh beberapa partai politik. Menurutnya,...

Sematkan Bintang Bhayangkara Pratama, Kapolri Komitmen Terus Lakukan Pembenahan Organisasi dan Pelayanan. 

Liputantimur.com | Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyematkan penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama yang ditandatangani oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), kepada...