Beranda HUKRIM 300 Mayat di Kompleks Shifa dan Kehancuran yang Meluas Setelah Tentara Israel...

300 Mayat di Kompleks Shifa dan Kehancuran yang Meluas Setelah Tentara Israel Mundur

Liputantimur.com || Palestina – Senin 1 April 2024. Sumber-sumber Palestina mengumumkan pada hari Senin bahwa tentara Israel menarik diri dari Kompleks Medis Shifa di Kota Gaza, menyebabkan ratusan orang mati syahid dan kehancuran yang meluas, dua minggu setelah menyerbu dan mengepung kompleks tersebut.

Sumber keamanan Palestina mengatakan kepada Kantor Berita Jerman bahwa kru pertahanan sipil sejauh ini telah menemukan hampir 300 jenazah.

Ia menjelaskan, jenazah para syuhada tergeletak di mana-mana di rumah sakit, sementara beberapa di antaranya menunjukkan tanda-tanda pembusukan.

Pertahanan Sipil Gaza mengkonfirmasi bahwa ratusan mayat ditemukan setelah tentara Israel mundur pada Senin dini hari dari Kompleks Medis Shifa.

Juru bicara Pertahanan Sipil Gaza, Mayor Mahmoud Basal, mengatakan ada sekitar 300 orang yang mati syahid di kompleks Shifa dan sekitarnya setelah pasukan pendudukan mundur.

Basal menambahkan bahwa pasukan Israel membakar departemen Rumah Sakit Al-Shifa, dan menghancurkan semua peralatan dan persediaan medis di dalamnya.

Eksekusi

Hamas mengatakan bahwa setelah tentara pendudukan mundur dari Kompleks Medis Al-Shifa, “jejak eksekusi yang mengerikan dan mayat para syuhada yang diborgol dan dikubur hidup-hidup ditemukan.”

Gerakan tersebut meminta komunitas internasional dan badan peradilan untuk segera mengambil tindakan dengan memasuki Kota Gaza dan memeriksa serta menyelidiki sejauh mana kejahatan yang menimpa Kompleks Medis Shifa.

Sementara itu, tentara Israel mengumumkan berakhirnya operasi militernya di kompleks tersebut dan mengklaim bahwa operasi tersebut dilakukan tanpa menimbulkan kerugian bagi warga sipil, pasien, dan tim medis.

Juru bicara tentara pendudukan, Avichai Adraee, mengumumkan berakhirnya operasi militer di rumah sakit tersebut.

Adraee mengatakan, “Pagi ini, IDF dan Pasukan Keamanan Publik menyelesaikan operasi di area Rumah Sakit Al-Shifa.”

Koresponden Al Jazeera melaporkan bahwa tentara Israel telah mundur sepenuhnya pada dini hari hari ini dari dalam dan sekitar Kompleks Medis Shifa.

Pasukan pendudukan menuju ke selatan, di mana terdapat sebuah kamp tempat tank dan buldoser ditempatkan di daerah antara lingkungan Sheikh Ajlin dan Tal Al-Hawa.

Koresponden Al Jazeera mengutip saksi mata bahwa penarikan itu terjadi secara tiba-tiba dan bertepatan dengan tembakan dan tembakan tank ke arah bangunan tempat tinggal di sekitar kompleks medis.

Penarikan tersebut terjadi setelah serangan Israel terhadap kompleks dan sekitarnya selama sekitar dua minggu, yang mengakibatkan kematian, cedera, dan penangkapan ratusan warga Palestina.

Baca 5.800 Lebih Siswa Palestina Telah Gugur dan 264 Guru Syahid

Tubuh hangus dan hancur

Adegan dari Al Jazeera menunjukkan jenazah para syuhada yang hangus tersebar di jalan-jalan dan jalan-jalan di sekitar Kompleks Medis Shifa, sementara sumber-sumber medis melaporkan bahwa ratusan jenazah para syuhada ditemukan di kompleks tersebut dan jalan-jalan di sekitarnya setelah penarikan pasukan pendudukan.

Doc. Kehancuran bangunan di Gaza Akibat pendudukan Zionis Israel

Sumber tersebut mengatakan bahwa pasukan pendudukan membakar gedung-gedung kompleks medis tersebut, menyebabkan kompleks tersebut tidak berfungsi sama sekali, menekankan bahwa tingkat kerusakan di kompleks tersebut dan bangunan di sekitarnya sangat besar.

Radio Tentara Israel mengatakan bahwa tentara membunuh 200 orang, menangkap 500 orang lainnya, menahan sekitar 900 orang untuk penyelidikan, dan mengevakuasi 6.000 orang selama operasinya di kompleks medis dan sekitarnya.

Ada laporan bahwa pasukan Israel melakukan eksekusi di dalam kompleks medis, sementara tentara Israel mengklaim telah membunuh puluhan militan di dalam kompleks tersebut.

Selama masa penyerangan Israel, beberapa syuhada ditemukan, sementara banyak jenazah yang masih tergeletak di tanah di sekitar kompleks dan bangunan tempat tinggal, baik di lingkungan Al-Nasr atau Jalan Al-Wahda, serta di pantai selatan dan jalan. pasir barat, daerah yang dikepung oleh pasukan pendudukan.

Sepanjang periode ini, tentara pendudukan menghalangi kedatangan tim bantuan dan perwakilan organisasi internasional ke wilayah tersebut untuk melaksanakan misi kemanusiaan atau operasi evakuasi, yang menyebabkan krisis kemanusiaan dan kesehatan di sekitar kompleks tersebut.

Baca juga Para Ilmuwan Memperingatkan Kematian 100.000 Orang di Gaza Akibat Epidemi dan Krisis Kemanusiaan

Sakit dan terluka

Ratusan warga Palestina datang untuk memeriksa kehancuran bangunan kompleks tersebut, dan beberapa keluarga bergegas mengevakuasi orang-orang yang terluka dan sakit yang terjebak di dalam rumah sakit.

Sumber-sumber Palestina menegaskan bahwa kehancuran besar-besaran di Kompleks Al-Shifa tidak memungkinkan satu pun bagiannya untuk dibangun kembali.

Beberapa jam sebelum penarikan pasukan pendudukan, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta Israel untuk membuka koridor kemanusiaan ke kompleks tersebut dan segera memfasilitasi akses ke sana sehingga organisasi tersebut dan mitranya dapat melakukan evakuasi dan evakuasi. menyelamatkan pasien.

Ghebreyesus mencontohkan, 21 pasien telah meninggal sejak dimulainya pengepungan Kompleks Al-Shifa pada 18 Maret.

Ia mengatakan, terdapat 107 pasien yang berada di gedung yang tidak sesuai di dalam kompleks tersebut yang kekurangan perawatan medis dan perbekalan yang diperlukan. Diantaranya adalah 4 anak-anak dan 28 pasien dalam kondisi kritis. Beberapa pasien mengalami infeksi luka, terutama mengingat kelangkaan. air untuk membersihkannya, dan tidak ada popok atau kantong urin. .

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia menambahkan bahwa sejak Sabtu, hanya tersisa satu botol air untuk setiap 15 orang, dan penyakit menular telah menyebar karena kondisi yang tidak sehat dan kekurangan air.

Sumber: Al Jazeera + agensi

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Kasus Pencabulan Anak Usia 3 Tahun Sudah Masuk Tahap Persidangan

Liputantimur.com | Makassar - 15 Juli 2024, Kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur kembali mencuat dan memicu perhatian publik. Kali ini, seorang anak...

Usut Tuntas Dugaan Pemotongan Insentif Pegawai Pemkot Surabaya

Liputantimur.com | Surabaya - Menindak lanjuti informasi dan temuan di masyarakat, Ketua Aliansi Madura Indonesia (AMI) Baihaki Akbar mendesak agar pihak KPK RI, BPK...

Penggerebekan di Kota Gaza dan Peningkatan Jumlah Syuhada Akibat Pembantaian

Liputantimur.com | Palestina - Hari ini, Minggu 14 Juli 2024, tentara pendudukan Israel terus melancarkan serangan kekerasan di Jalur Gaza, setelah pembantaian mengerikan yang dilakukannya...

Didi Sungkono : Oknum Polisi Kurangi BB Sabu, Harus di PTDH, Jangan Dilindungi oleh Pimpinan Polri

Liputantimur.com | Surabaya - Penangkapan 5 oknum anggota Polisi berdinas di Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah (Jateng) terkait mengurangi barang bukti (BB) narkotika berjenis sabu...

Sedang Asik Berduaan Sambil Bugil Dalam Kamar, Seorang Oknum PNS di Mojokerto Digrebek Suami

Liputantimur.com | Mojokerto - Seorang oknum PNS di Mojokerto berinisial RP (34) digrebek saat asik berduaan sambil bugil dengan Pegawai Harian Lepas (PHL) di dalam kamar...

Judi Sabung Ayam Merajalela Oknum Terkesan Kebal Hukum

Liputantimur.com | Blitar - Viral di medsos dan media online, maraknya perjudian sabung ayam, meresahkan masyarakat yang keberadaannya di Wilayah Njari desa Bajang pembatasan...

Breaking News, Trump Tampak Terluka Diduga Mengalami Penembakan!

Liputantimur.com | Amerika - Mantan Presiden AS Donald Trump dievakuasi dan tampak terluka setelah suara tembakan terdengar di acara kampanyenya di Butler, Pennsylvania pada...

Satpol PP Bojonegoro Tertibkan Rumah Kos dari Perbuatan Asusila

Liputantimur.com | Bojonegoro - Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro...

Penyeludupan Halal, Cara Warga Gaza Bertahan Hidup

Liputantimur.com | Palestina -  Cara Warga Gaza bertahan hidup dengan melakukan penyelundupan barang secara halal di tengah gempuran serangan Israel. Seperti dilansir Spirit of Aqsa,...

Polisi Edukasi Bahaya Kekerasan Anak pada Guru Sekolah

Liputantimur.com | Sidoarjo - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Sidoarjo secara masif memberikan edukasi, tentang upaya perlindungan sekolah terhadap bahaya kekerasan dan...

Pelanggaran, Oknum Perangkat Desa Cangaan Gunakan Mobil Siaga Desa Mengisi BBM Subsidi Pertalite

Liputantimur.com | Gresik - Pada tanggal 09 Juli 2024 Selasa malam telah ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum perangkat desa di Cangaan, Ujung Pangkah,...

PT Slamet Putra Rekanan PT Petrokimia Gresik Tidak Berikan Uang Pesangon ke Karyawannya Dari Tahun 2012 Hingga 2016

Liputantimur.com | Gresik - Para buruh atau karyawan PT Slamat Putra rekanan dari PT Petrokimia Gresik menuntut uang pesangon mereka. Karyawan PT Slamet Putra menceritakan,...

Eks Kadis Pertanian Takalar Diduga Korupsi Bantuan Alsintan

Liputantimur.com, Takalar - Eks Kepala Dinas (Kadis) Pertanian H.Muhammad Hasbi S.STP.,M.AP yang kini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar diduga kuat terlibat tindak pidana...

SATPOL PP KOTA MAKASSAR BKO KEC. UJUNG PANDANG AMANKAN NATARU 2022

Liputantimur.com, Makassar - pemerintah Kecamatan Ujung Pandang bersama tripika serta Personil Sat Pol PP Kota Makassar BKO Kecamatan Ujung Pandang memantau serta melaksanakan Posko...

Cek Langsung Pengamanan Perayaan Waisak di Palu, Ini Imbauan Kapolresta

Liputantimur.com, Palu - Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah ,S.I.K.,M.H. didampingi Kabagops Kompol Alfian Joan Komaling ,S.H.M.Pd, Kasat Samapta AKP Rudy Cornelis ,S.H.,M.H. Kasat Lantas...

Antisipasi Kelangkaan BBM, LPG, dan Migor, Ini Strategi Polres Donggala

Liputantimur.com, Donggala - Guna mengantisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Gas LPG, dan Minyak Goreng di wilayah Kabupaten Donggala. Polres Donggala Gelar Rapat Koordinasi...

Marak Penyalagunaan Sajam, DPD APKAN RI Sinjai Sorot Kinerja Kepolisian

Liputantimur.com, Sinjai, Sulsel - Kasus kriminal penyalagunaan Senjata Tajam (Sajam) di Bumi Panrita Kitta sebagai julukan Daerah Kabupaten Sinjai marak terjadi, Dewan Pengurus Daerah...

Presiden Jokowi Beserta Rombongan Tiba di Palu, Berikut Agenda Kunkernya

Liputantimur.com, Palu - Kamis (24/2/2022) tepat pukul 18.17 Wita tiba di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing A-737-400 Presiden...

Optimis Raih Adipura 2023, Begini Imbauan dan Harapan Camat Tatanga 

Liputantimur.com | Palu - Dalam rangka mewujudkan program "Palu Mantap Bergerak" serta dalam meraih piala Adipura Tahun 2023 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu terus...

ATC Raih Belasan Medali Emas di Kejuaraan Taekwondo Toraja

Liputantimur.com|Toraja - Kontingen asal AL-Markaz Taekwondo Club (ATC) berhasil meraih medali emas dalam Turnamen Kejuaraan Taekwondo pasemba Toraya Mala'bi Ke - 4 di Makale,...

Tingkatkan Herd Immunity, Koramil 14 lakukan serbuan vaksinasi

Kutai Kartanegara –  Koramil 0906-14/Tenggarong Seberang bersama tim kesehatan kodim 0906/Kkr dan puskesmas melakukan kegiatan serbuan vaksinasi kepada warga masyarakat lansia dan anak yang...