Beranda HUKRIM Diduga Membangun Stal Kuda di Lahan Bermasalah, Walikota Manado: Saya Jongosnya Presiden

Diduga Membangun Stal Kuda di Lahan Bermasalah, Walikota Manado: Saya Jongosnya Presiden

Liputantimur.com | Manado – Permasalahan tanah di Sulawesi Utara (Sulut) seolah tiada habisnya. Banyak perkara tanah belum tuntas ditangani aparat penegak hukum, timbul lagi masalah baru. Kasus dugaan penyerobotan tanah dengar membangun proyek Stal Kuda di manado diibaratkan seperti jamur yang tumbuh subur di musim penghujan dan akan terus berkembang jika tidak segera dipangkas.

Walikota Manado bisa dikategorikan sebagai walikota terhebat se-Indonesia dengan keberaniannya memuluskan pembangunan tiga (3) gedung Stal Kuda diduga di atas lahan warga, tepatnya di Kelurahan Paniki II, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Sementara penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) terkesan lamban menuntaskan kasus-kasus tersebut, Sebut saja inisial AA sebagai orang nomor satu di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dengan keterlibatannya dalam dugaan mendirikan Stal Kuda di lahan yang bukan milik pemkot Manado.

Padahal bukti dugaan keterlibatan AA, sudah sangat jelas. Tak heran jika berhembus desakan dan tuntutan kepada walikota manado ini untuk bertanggung jawab pada tiga bangunan Stal Kuda yang menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) manado senilai Rp 4,7 miliar.

“Kami menduga walikota manado telah melakukan penyerobotan tanah dan mendirikan 3 bangunan Stal Kuda di atas lahan yang bukan milik pemerintah kita manado,” ungkap Arthur Mumu. Minggu (14/1/24)

Selain itu, menurut Arthur Mumu menjelaskan, terkait pemberitaan sejumlah media online yang menyebut dirinya telah melakukan pemerasan dan meminta uang ratusan juta rupiah kepada Walikota Manado AA, Kontraktor Pelaksana Proyek dan Michael Van Essen, itu merupakan pembunuhan karakter.

“Walikota Manado Andrei Angouw harus bertanggung jawab atas berita pemerasan dan meminta uang ratusan juta yang disampaikan di sejumlah media online yang menyebut saya telah melakukan pemerasan dan meminta uang,” jelas Arthur.

Disebutkan Arthur Mumu, walikota, kontraktor pelaksana proyek Stal Kuda dan ME, perlu mengklarifikasi berita tersebut karena telah menyudutkan nama baik seseorang.

Disampaikan bahwa, AA, kontraktor dan ME harus mampu membuktikan kebenaran berita tersebut, kalau ketiganya benar-benar diperas, terkait dengan proyek stal kuda, di Kelurahan Paniki II, Kecamatan Mapanget, Kota Manado.

Arthur Mumu menandaskan, dirinya tidak menerima dengan tudingan tersebut, mengingat selama ini dia tidak pernah bertemu Walikota Manado AA dan Kontraktor Pelaksana Pekerjaan Proyek Stal Kuda.

“Saya tidak pernah melakukan pemerasan dan meminta ratusan juta rupiah kepada Walikota Andrei Angouw, Michael Van Essen dan Kontraktor,” tandas Arthur Mumu membantah tudingan atas dirinya tersebut.

Atas dasar itulah, Arthur Mumu meminta AA dan Kontraktor Pelaksana Proyek Stal Kuda, tidak beropini seolah-olah pemerasan dan meminta uang ratusan juta tersebut benar-benar terjadi.

“Jika saya benar memeras Walikota Manado Andrei Angou, Kontraktor dan Michael Van Essen, hingga meminta bayaran ratusan juta rupiah, kapan peristiwa itu terjadi, dimana tempat transsaksinya dan mana buktinya. Sebaliknya jika pemerasan tidak terjadi, kenapa walikota membiarkan berita itu dipublikasi. Sama halnya dengan si kontraktor, saya tidak pernah mengenalnya,” kata Arthur.

Selain itu, Arthur juga mempersoalkan status dirinya yang diberitakan di media online indosulut dengan penulisnya berinisial “Rul”. Dalam berita yang dituliskan oleh “Rul”, yang menyebut “Residivis Arthur Mumu yang selalu membuat gaduh di Media Sosial lewat pernyataannya yang kontroversial kini beraksi lagi di proyek negara demi mencari keuntungan untuk pribadi. Terbukti, pemasangan baliho penolakan pembangunan yang diduga dimotori lelaki bernama John dan AM alias Arthur, yang gencar membuat dan memviralkan berita tersebut ke media sosial, terinformasi keduanya sering melakukan permintaan uang saat melancarkan aksi mereka. Tak tanggung tanggung mereka meminta uang pada walikota Andrei Angouw, Michael Van Essien hingga ke kontraktor pelaksana pekerjaan proyek.

Berita Arthur Mumu sebagai residivis. Padahal kata Arthur, dirinya tidak berstatus seperti itu. Dasar itulah Arthur menegaskan akan memproses hukum semua oknum penulis berita dengan asumsi telah mencemarkan nama baiknya.

“Perlu ditegaskan, saya ini bukanlah residivis. Tidak ada satu pun bukti kalau saya ini seorang residivis. Tunggu saja tanggal mainnya. Saya dan beberapa teman sedang menyusun laporan hukumnya. Beragam berita itu jelas beraroma fitnah dan pembunuhan karakter,” tandas Arthur.

Terpublikasinya berita terkait pemasangan plang di lahan yang dibangun stal kuda, bertuliskan ‘Tanah milik Michael Hutara Van Essen, Dilarang membangun tanpa izin pemilik’.

Padahal imbuh Arthur, dirinya tidak terlibat dalam pemasangan plang di lokasi proyek tersebut. Namun kata dia, sebagai jurnalis dirinya hanya mengabadikan plang tersebut dan mempublikasinya.

Arthur menduga pemasangan plang tersebut akhirnya melahirkan ide buruk untuk merusak citra nama baik dan mencemarkan nama baik Arthur. Hanya saja kata dia, pemberitaan tersebut tidak mencerminkan keprofesionalan jurnalis dalam mengungkap suatu peristiwa.

“Kami menilai, berita yang dipublikasikan sejumlah media bukanlah karya jurnalis tapi antek-anteknya oknum pejabat. Kalau wartawan memuat berita sumbernya harus jelas, bukan memfitnah orang tanpa bukti.
Kalau Walikota Manado merasa terusik dengan apa yang telah saya publikasi, silahkan menempu jalur hukum, tentunya dengan melampirkan bukti kepemilikan lahan tersebut,” pungkas Arthur, dan berharap dirinya siap pantang mundur untuk berhadapan hukum dengan Walikota Manado AA dan Kontraktor Pelaksana Pekerjaan Proyek Stal Kuda.

Adapun link berita pembunuhan karakter yang dilayangkan kepada Arthur Mumu yakni berjudul :

1. Di Duga Minta Uang ke Wali Kota AA, AM cs Pasang Baliho Penolakan di Proyek Stal Kuda di Kelurahan Paniki Dua
https://sulutnewstv.com/2023/11/30/di-duga-minta-uang-ke-wali-kota-aa-am-cs-pasang-baliho-penolakan-di-proyek-stal-kuda-di-kelurahan-paniki-dua/
2. Propaganda di Proyek Stal Kuda, Terkuak Dugaan Pemerasan
https://updatesulut.com/manado/propaganda-di-proyek-stal-kuda-terkuak-dugaan-pemeresan/
3. Modus Pasang Baliho di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado, Arthur Mumu Cs Diduga Akan Peras Walikota AA https://beritaktualsulut.com/2023/11/30/modus-pasang-baliho-di-proyek-stal-kuda-pemkot-manado-arthur-mumu-cs-diduga-akan-peras-walikota-aa/
4. Miris Ada Oknum Pemerasan Dibalik Pemasangan Baliho di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado
https://suarasulut.com/2023/11/29/miris-ada-oknum-pemerasan-dibalik-pemasangan-baliho-di-proyek-stal-kuda-pemkot-manado/
5. Pasang Baliho Penolakan di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado, Arthur CS Minta Uang ke Walikota dan Kontraktor
https://warta1.net/2023/11/29/pasang-baliho-penolakan-di-proyek-stal-kuda-pemkot-manado-arthur-cs-minta-uang-ke-walikota-dan-kontraktor/
6. TERINDIKASI ADA PERMAINAN MENCARI KEUNTUNGAN, DIDUGA AM OTAK DARI RENCANA INI
https://www.identitasnews.id/terindikasi-ada-permainan-mencari-keuntungan-diduga-am-otak-dari-rencana-ini/
7. Michael Van Essen Akui Tanah Stal Kuda Milik Pemkot Manado
https://suarasulut.com/2023/11/29/michel-van-essien-akui-tanah-stal-kuda-milik-pemkot-manado/
8. Wow!!!! Diduga Terjadi Pemerasan Lewat Pemasangan Baliho di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado
https://www.kabarpost.com/daerah/manado/wow-diduga-terjadi-pemerasan-lewat-pemasangan-baliho-di-proyek-stal-kuda-pemkot-manado/
9. Arthur dan John, Otak Pemasangan Baliho Penolakan di Proyek Pemkot, Diduga Minta Uang Ratusan Juta ke Pemilik Lahan Hingga Kontraktor https://www.corongsulut.com/2023/11/29/arthur-dan-john-otak-pemasangan-baliho-penolakan-di-proyek-pemkot-diduga-minta-uang-ratusan-juta-ke-pemilik-lahan-hingga-kontraktor/
10. Diduga Ada Pemerasan Dibalik Pemasangan Baliho di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado
https://edisisatu.com/manado/diduga-ada-pemerasan-dibalik-pemasangan-baliho-di-proyek-stal-kuda-pemkot-manado/
11. Waduh!!! Pasang Baliho Penolakan di Pembangunan Proyek Stal Kuda Pemkot Manado, Arthur CS di Duga Minta Uang Ke Walikota
https://teropongsulut.com/2023/11/29/waduh-pasang-baliho-penolakan-di-pembangunan-proyek-stal-kuda-pemkot-manado-arthur-cs-di-duga-minta-uang-ke-walikota/
12. Baliho Penolakan Pembangunan yang Dipasang John dan Arthur, Akan Dicabut Pemilik Lahan
https://portal24.id/baliho-penolakan-pembangunan-yang-dipasang-john-dan-arthur-akan-dicabut-pemilik-lahan/
Modus Pasang Baliho di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado, Arthur Mumu Cs Diduga Akan Peras Walikota AA
13. Modus Pasang Baliho di Proyek Stal Kuda Pemkot Manado, Arthur Mumu Cs Diduga Akan Peras Walikota AA
https://beritaktualsulut.com/2023/11/30/modus-pasang-baliho-di-proyek-stal-kuda-pemkot-manado-arthur-mumu-cs-diduga-akan-peras-walikota-aa/
14. Arthur Mumu Cs Bikin Ulah Lagi, Diduga Lakukan Pemerasan di Proyek Pemkot Manado
https://www.indosulut.com/2023/11/29/arthur-mumu-cs-bikin-ulah-lagi-diduga-lakukan-pemerasan-di-proyek-pemkot-manado/

Baca Disinyalir Ada Perbuatan Melawan Hukum di Proyek RTH Lapangan Sario, Jaksa Selayaknya Periksa Eks PA Steve Kepel

Bahkan, menurut Arthur Mumu pegiat mafia tanah dan anti korupsi ini, meminta Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan Wibisono, yang pernah menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta berpengalaman di bidang reserse, untuk segera melakukan penyelidikan dan penyidikan tiga (3) bangunan Stal Kuda di Kelurahan Paniki II, yang didirikan oleh pemerintah kota manado di atas lahan yang diduga bukan milik pemkot Manado.

Baca Terkait Kriminalisasi Arthur Mumu, Alumni Lemhannas Pertanyakan Profesionalitas Penegak Hukum di Sulut

Adapun disampaikan Arthur, saat menghadiri Conferensi Pers, di kantor Eks DPRD Manado, Kamis, 11 Januari 2024, ketika mengangkat tangan untuk bertanya terkait dugaan penyerobotan tanah dan tiga pembangunan Stal Kuda, Kasus IMB Mantos, dugaan korupsi pembangunan Pasar Bersehati tidak diijinkan dan tidak diberikan kesempatan untuk bertanya kepada walikota dan wakil walikota manado.

Arthur menduga, dirinya tidak diberikan Mic untuk bertanya dihadapan semua pejabat itu merupakan setingan agar Arthur Mumu tidak bisa menyampaikan aspirasinya.

“Saya menduga itu adalah setingannya walikota manado Andrei Angouw, agar saya tidak diberikan Mic untuk menyampaikan aspirasi terkait rentetan dugaan kasus yang terjadi di tubuh pemkot manado,” pungkas pegiat mafia tanah dan anti korupsi ini.

Namun dihadapan pejabat yang hadir dalam Konferensi Pers tersebut, Walikota Manado AA menyebut dirinya adalah Jongosnya Presiden.

“Saya adalah jongosnya Presiden. Saya meminta teman-teman wartawan jangan hanya mengangkat berita seremonial saja, tetapi juga harus mengangkat berita edukasi. Saya minta berita yang dibuat wartawan merupakan berita yang mengedukasi masyarakat,” pungkas Walikota Manado Andrei Angouw. (Red)

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Seorang Oknum Kades di Sinjai Diduga Pungli Soal Uang Panai

Liputantimur.com | Sinjai - Kisah miris kembali nodai pelosok bumi panrita kitta 'julukan Daerah Kabupaten Sinjai' di mana seorang Oknum Kepala Desa (Kades) di...

Terdakwa Supu Cs Terancam Pasal Berlapis

Liputantimur.com | Makassar – Sidang perkara pidana nomor 529/Pid.B/2024/PN Makasar dengan atas nama terdakwa Supu dan Syamsuddin alias Ancu kembali digelar di Pengadilan Negeri...

Merasa Dicemarkan Nama Baiknya, Oknum Guru Laporkan Akun FB “Siti Chouirunnisa Ai” ke Polda Sulsel

Liputantimur.com | Gowa - Beredarnya di media sosial Oknum Guru di duga melakukan tidak asusila terhadap keponakannya menjadi perbincangan publik ditengah-tengah masyarakat. Lewat kuasa hukumnya,...

Proses Selama 9 Tahun, JPU Hanya Menuntut Terdakwa 4 Bulan Penjara

Liputantimur.com | Bone - Pengadilan Negeri Watampone menggelar sidang lanjutan kasus Pemalsuan Cap Jempol dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kamis,...

Dituding Memeras, Arthur Mumu Laporkan Walikota Andrei Angouw ke Polda Sulut

Liputantimur.com | Manado -  Warga Oldy Arthur Mumu asal lingkungan VII, Kelurahan Paal II, Kota Manado resmi melaporkan Walikota Manado, Andrei Angouw, di Maskas...

Sekdes di Bone Jadi Terdakwa Kasus Penggelapan Sertifikat, PN Watampone Periksa Saksi

Liputantimur.com | Bone - Pengadilan Negeri (PN) Bone menggelar sidang kasus pemalsuan dokumen sertifikat milik H.Mappa yang diduga dilakukan oleh Sekretaris Desa Nagauleng (NL)...

Pengungkapan Kasus Penganiayaan oleh Tim Opsnal Polsek Mariso: Pelaku Menyerahkan Diri Setelah Pengejaran Dramatis

LIPUTANTIMUR.COM | Makassar - Hari Minggu tanggal 28 April 2024 akan diingat sebagai hari di mana keberanian dan ketangkasan Tim Opsnal Polsek Mariso berhasil...

Seorang Caleg Terpilih di Mamasa Kini Tersandung Kasus Dugaan Ijazah Palsu?

Liputantimur.com | Mamasa - Seorang calon legislatif (caleg) di Kabupaten Mamasa kini tersandung kasus dugaan ijazah palsu usai dilaporkan di Polda Sulbar bertempat di...

Banyak Pasukan Israel Angkat Kaki dari Gaza, Netanyahu Berupaya Cari Aman

Liputantimur.com | Palestina - Senin 8 April 2024, Israel menyisakan satu brigade di Jalur Gaza selatan setelah menarik banyak pasukannya dari daerah itu. Sementara Hamas...

Lebih dari 600 Ribu Anak di Rafah Kelaparan

Liputantimur.com| Palestina - Senin 8 April 2024, Juru bicara Dana Anak-anak PBB (UNICEF), James Elder, meningkatkan kewaspadaan atas situasi mengerikan yang dialami lebih dari...

“Polda Sulsel Periksa Rektor UNM Terkait Skandal Pungli CPNS: Siapa Pelakunya?”

LIPUTANTIMUR.COM |MAKASSAR – Penyidik Ditreskimsus Polda Sulawesi Selatan memeriksa Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam terkait dugaan skandal pungutan liar rekrutmen CPNS...

Anak-anak Gaza Menghadapi Jalan Panjang Menuju Kesembuhan

Liputantimur.com | Palestina - Para ahli mengecam kerusakan psikologis akibat kurangnya pendidikan ditambah dengan pemboman, kelaparan, penyakit dan kehilangan, Jum'at 05 April 2024. Dimana delapan...

Ribuan Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 49 Padati Pelabuhan Kedindi Reo

Liputantimur.com, Manggarai -  Sekitar ribuan penumpang Padati Pelabuhan Kedindi Reo Setelah 5 hari mengalami cuaca buruk. Dimana saat Kapal Sabuk Nusantara 49 siap diberangkatkan ke...

Dugaan Penggelapan Dana Hiba Pembangunan Masjid, LKBHMI Cagora dan PELAKSI Sulsel Tanyakan Kepastian Hukum

Liputantimur.com, Gowa, Sulsel - Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Islam Cabang Gowa Raya (LKBHMI Cagora) bersama Perhimpunan Lembaga Anti Korupsi Sulawesi Selatan (PELAKSI Sulsel)...

Diduga Oknum Anggota Polrestabes Makassar Aniaya Ibu dan Adik Ocha saat Penangkapan di Gowa

Liputantimur.com, Gowa - Anggota Satnarkoba Polrestabes Makassar kembali hebohkan warga Jl. Syekh Yusuf 1, Kelurahan Katangka kecamatan Somba opu Gowa. Pasalnya pada rabu, 25/10...

Polsek Manggala Amankan Pria Bawah Busur, Terancam 10 Tahun Penjara

Liputantimur.com, Makassar - Seroang Pemuda di amankan oleh pihak kepolisian saat sedang gelar patroli keamanan. Pria terus diamankan lantaran terciduk membawa benda berhaya jenis...

Ketua Umum GMBI Beserta Rombongan DPP Berziarah Ke Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin Dan Ulama Syekh Yusuf

Liputantimur.com | Sulsel - Usai mengikuti acara rapat kerja wilayah (Rakerwil LSM GMBI Wilter Sulsel) Ketua Umum Sekaligus Pendiri LSM GMBI Moch Fauzan Rachman,...

Manager Alfamart : Lahan Minimarket Kami Di Kuasai Juru Parkir Liar

Manager Alfamart : Lahan Minimarket Kami Di Kuasai Juru Parkir Liar LIPUTANTIMUR.COM || Makassar - Regional Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Budi...

Heboh Warga Panjat Tower Sutet, Rahmad Minta Pihak Terkait Pagar Lokasi

Pekanbaru,Riau | Liputantimur.com - Gak nyangka Pagi Warga Dihebohkan Dengan Aksi Seorang Ibu Rumah Tangga Yang Bernama Yulidar 45 thn, warga Jl.Obor RT 02/RW...

Tumbuhkan Karakter Pribadi, Serka Bustamin Berikan Materi Kepemimpinan Siswa SMP Negeri 2 Muara Jawa

KUTAI KARTANEGARA. liputantimur.com - Guna membangun jiwa kepemimpinan dalam organisasi di lingkungan intra sekolah, Babinsa Koramil 0906-05/Muara Jawa Kodim 0906/ Kutai Kartanegara (Kkr) Serka...

Ditetapkan Tersangka 9 Tahun Lalu, Berkas perkara Dinyatakan Lengkap P-21 Kejaksaan Negeri Bone

Liputantimur.com | MAKASSAR — Kasus penipuan, pengelapan dan pemalsuan Jempol bukti pengambilan serifikat tanah dari pertanahan Kabupaten Bone dengan Lp / 26/ X /2016...