Beranda AKTUALITA Fahd A Rafiq: Kokohkan Kedermawanan Bangsa Melalui Indonesia 4.0 dan 5.0 

Fahd A Rafiq: Kokohkan Kedermawanan Bangsa Melalui Indonesia 4.0 dan 5.0 

Liputantimur, Jakarta – Pada ulasan kali ini sang pena membahas 4 point penting yaitu Fahd A Rafiq, Pengokohan Kedermawanan Bangsa, Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Tahun 2021 Indonesia dan dunia  terdampak sistemik pandemi Covid -19 dan hal tersebut selalu  menjadi trending topic pada pemberitaan di Media nasional.

Dikutip dari kompas, berdasarkan data hingga (31/12/2021), kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 4.262.720 kasus kematian, pasien Covid-19 meninggal dunia 144.094 orang, Secara kumulatif pemerintah telah memeriksa 63.166.543 spesimen Covid-19 dari 42.486.162 orang. Selain itu, pemerintah juga mencatat ada 4.183 suspek Covid-19.

Baca Juga : Fahd El Fouz Arafiq dan Rivai Darus Berpelukan, Persatuan Pemuda Akan Terwujud

Dampak positif akibat covid -19,  dimana banyak keluarga yang bisa maksimal memanfaatkan waktu berkumpul bersama keluarganya Quality time, work from home dan study from home.

Setiap masalah yang menimpa manusia pasti ada solusinya, keyakinan menjadi patokannya. Generasi kita saat ini mampu melewati cobaan berat tersebut, karena tuhan tidak akan memberikan beban kepada hambanya sesuai dengan kemampuannya.

Tahun 2021 itu pengalaman pengelolaan kepemimpinan, masalah, dan mencari terobosan yang tidak di duga sebelumnya. Kami pemuda Indonesia mengapresiasi atas kinerja dan kerja keras Bapak Presiden Joko Widodo dan jajarannya dalam menanggulangi pandemi global COVID -19.

Ketika Indonesia mendapatkan musibah, negeri Zamrud Khatulistiwa ini mendapat sebuah penghargaan. Fahd El Fouz Arafiq( Ketua Umum DPP Bapera) merasa bangga dengan Indonesia yang mendapat predikat Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021 yang menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia.

Rupanya ini bukan kali pertama Indonesia mendapat gelar negara paling dermawan di dunia, tahun 2018 lalu, Heaven of Earth ini juga meraih prestasi yang sama.

Dikutip dari viva.co.id, Anak dari pedangdut kondang A. Rafiq ini bersama Partai Golkar dan organisasi sayap Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan melakukan menyantuni 30 ribu Anak yatim sekaligus buka puasa bersama di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu, 18 Juni 2016.  “Belum ada di dunia seperti ini. Ini bukan hanya rekor Indonesia. Ini rekor dunia, jangan lupa kalian jadi juara dunia karena Partai Golkar dan AMPG,” kata Pendiri Muri, Jaya Suprana di Jakarta, Sabtu 18 Juni 2016.

Dikutip dari Tribunnews.com, Satu hari setelah memecahkan rekor MURI  tepatnya Minggu, 19 Juni 2016 Fahd El Fouz Arafiq Ketua Umum AMPG kala itu lanjut dengan menyantuni 5000 Anak yatim di Depok, Jawa Barat. Awalnya ingin 7500 anak yatim akan tetapi mengingat kondisi tempat yang tidak memadai akhirnya hanya 5000 yatim saja, tutur Babay Suhaimi (Ketua AMPG Depok).

Bila ditarik benang merahnya, sebelum Indonesia mendapat predikat negara paling dermawan di dunia oleh Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index di dunia tahun 2018, Partai Golkar, Fahd A Rafiq dan AMPG tahun 2016 telah lebih dulu  menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang masyarakatnya murah hati, empati, dermawan serta peduli, sehingga  sangat layak mendapatkan predikat tersebut.

Sekali lagi prestasi ini bukan untuk riya dan pamer akan tetapi ini bisa menjadi motivasi untuk diri kita  semua khususnya akan Fastabiqul Khoirot (berlomba – lomba dalam kebaikan) agar terus memberikan kebahagiaan untuk banyak orang yang kurang beruntung.

Fahd Arafiq sering mengatakan ” Bahagiakanlah orang lain maka Tuhan akan bahagiakanmu”.

Disisi yang berbeda, perlu diketahui bersama saat ini dunia sedang memasuki Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, Society 5.0 ini sendiri merupakan satu gagasan yang ditandai muncul, jadi pembicaaraan saat berada di dalam Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada awal Januari 2019 lalu di Davos, Swiss. Menurut perdana menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan bahwa konsep revolusi industri 4.0 dan society 5.0 tidak memiliki perbedaan yang jauh. Yaitu revolusi industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan (artificial intellegent) sedangkan society 5.0 memfokuskan kepada komponen manusianya.

Singkatnya, Revolusi industri 1.0

Pada mulanya, revolusi industri 1.0 terjadi di abad ke-18. Di masa ini, semua tenaga sumbernya adalah otot, air, dan angin. Revolusi industri 2.0, Masa ini dimulai pada akhir 1800-an saat industri mobil diproduksi dalam jumlah yang besar-besaran.

Revolusi Industri 3.0, masa ini adalah tahap di mana semua sudah berubah jadi serba digital, penemuan komputer menjadi cikal bakal awal revolusi industri 3.0, dan Revolusi Industri 4.0 ini menekankan pada digitalisasi. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan produksi bisa lebih efektif. Segala hal dilakukan pada masa ini masuk dalam revolusi industri 4.0 komputer.

Society 1.0 (Hunting and Gathering)

Manusia modern atau homo sapien diperkirakan muncul sekitar 70.000 – 100.000 tahun yang lalu. Mereka mengalami revolusi kognitif yang membuat mereka mampu membangun peradaban dan membentuk sebuah masyarakat. Society 2.0 (Agricultural)

Kurang lebih 9.000-10.000 tahun yang lalu manusia mulai menggunakan tanah untuk menumbuhkan makanan dan mendomestikasi hewan liar untuk kepentingan manusia. Inilah yang disebut revolusi agrikultur.

Society 3.0 (Industrial) Revolusi industri yang terjadi di Inggris akhir abad ke-18 menjadi jawabannya. Dengan adanya revolusi industri produksi kebutuhan barang dan jasa semakin besar sehingga ekonomi semakin berkembang, kota-kota dengan industri yang maju semakin ramai dengan pendatang menciptakan urbanisasi dalam skala besar

Society 4.0 (Information)

Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang, manusia memasuki era dimana aliran informasi dan data begitu cepat. Jarak ruang dan waktu semakin hilang. Komunikasi dan koneksi antar manusia menjadi semakin mudah dan intens. Semua data yang dulunya berbasis fisik sekarang berbasis digital dan dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Kemudahan mengakses data dan informasi ini menjadikan segala sesuatu lebih transparan seperti kegiatan pemerintahan dan privasi diri.ai

5. Society 5.0 (New Society)

Society 5.0 dapat dikatakan sebagai pengembangan untuk membenahi beberapa masalah yang saat ini dihadapi karena terlalu cepatnya perkembangan teknologi. Pemerintah Jepang menyebut society 5.0 adalah di mana ruang maya dan ruang fisik konvergen atau dalam kata lain terintegrasi.

Semua hal akan semakin mudah dengan penggunaan artificial intelegence (AI) atau kecerdasan buatan yang akan membantu kita memproses data sehingga kita menerima hasil yang sudah jadi. Keterbatasan fisik kita akan dibantu dengan robot yang mudah dikendalikan dengan komputer dan internet.

Dapat disimpulkan bahwa, ketika bangsa Indonesia terkena pandemi Covid-19 yang otomatis berdampak pada perekonomian negara dan masyarakatnya, akan tetapi keluhuran akhlak, budi pekerti dan selalu berempati kepada yang membutuhkan bantuan. Bukan hanya di dalam negeri saja akan tetapi bantuan itu juga sampai negara luar yang memang sedang dilanda musibah.

Senada dengan itu Fahd El Fouz Arafiq menegaskan, pandemi Covid -19 yang menimpa negara maritim ini pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 tidak mempengaruhi semangat bangsa Indonesia untuk berbagi kasih kepada saudara saudaranya yang membutuhkan pertolongan, karena hal tersebut sudah mengakar pada masarakat Indonesia dalam Pancasila khususnya di sila ke -2 dan  sila ke -5, tutup Ketua DPP Ormas Partai Golkar tersebut.

Penulis : Asw

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Truk Proyek Antri BBM Subsidi Dikeluhkan, FM : Banyak Kejanggalan

Liputantimur.com | Tarakan – Panjangnya antrian dan kemacetan acap hari terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tarakan merupakan fenomena sosial yang...

Sikap Oknum ASN Viral, APKAN Sinjai : Minta Bupati Memperjelas Sanksi

Liputantimur.com, Sinjai, Sulsel - Viral, Video beredar di sosial media Oknum ASN yang memakai baju Dinas menendang motor pengendara seorang perempuan di Kabupaten Sinjai. Dimana...

RDP Ditolak, Keluarga Ayu Andira Kecewa, Samsul : Dimana Fungsi Wakil Rakyat?

Liputantimur.com, Makassar, Sulsel - Permintaan/permohonan RDP dari keluarga Almarhumah Sri Hastuti Ayu Andira yang meninggal secara tidak wajar di Mamasa Sulbar justru mengecewakan bagi...

DPO Curnak Dihadiahi Timah Panas Oleh Resmob Paneki Res Donggala 

Liputantimur.com, Donggala - Tim Resmob Paneki Polres Donggala akhirnya berhasil menciduk HK alias Suanto (34) di Desa Wombo Mpanau Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Dimana diketahui...

Gelapkan Uang Perusahaan Alfamidi, Kepala Toko Si AC Diamankan Polres Palu

Liputantimur.com, Palu - Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Selatan menciduk oknum Kepala Toko Alfamidi Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, terkait penggelapan...

Sat Resnarkoba Polres Donggala Ciduk Kurir dan Pengguna di Lalundu

Liputantimur.com, Donggala - Satuan Reserse (Sat Res) Narkoba Polres Donggala kembali menciduk dua orang pemakai dan kurir narkoba di Desa Lalundu Kecamatan Riopakava, Kabupaten...

Grebek Pelaku Judi Kupon Putih di Donggala, KBO Reskrim Jelaskan Kronologinya

Liputantimur.com, Donggala - Tim Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Donggala sekitar pukul 15.00 Wita, di Desa Kola-Kola, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala lagi, berhasil...

Kantor DPMPTSP di Geledah, Ini Kata Kasi Penkum Kejati Sulteng 

Liputantimur.com, Palu - Belum lama ini informasi penggeledahan Kantor Dinas Penenaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Tengah (Sulteng), telah menjadi perbincangan dikalangan...

Diduga terlibat Pengeroyokan, Selebgram BE Diperiksa Polisi, Ini Katanya

Liputantimur.com, Makassar - Kasus pengeroyokan yang diduga melibatkan selegram Makassar inisial BE di jalan Sinassara kecamatan Tallo kini memasuki babak baru. Sabtu (13/8/2022). Kasus pengeroyokan...

Ketua DPC AWPI Gowa Sorot Pelayanan BPHTB di BAPENDA

Liputantimur.com, Gowa, Sulsel - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPC AWPI) Kabupaten Gowa, Asywar S.ST.,S.H, menyoroti pelayanan pembayaran Biaya Perolehan Hak...

Resmi Terima Mandat, Arifuddin Siap Besarkan DPD BAIN HAM RI Gowa

Liputantimur.com, Gowa, Sulsel - Arifuddin Resmi menerima mandat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  (DPD BAIN HAM...

Penimbunan BBM Solar Di Takalar Berhasil Diungkap Oleh Lembaga Poros Rakyat, Ini Kata Pihak Polres Takalar

Liputantimur.com, Takalar - Dugaan kelangkaan Solar subsidi yang terjadi akhir-akhir ini salah satunya disebabkan oleh adanya kasus penimbunan di beberapa daerah. Kondisi tersebut lantas...

Operasi Pengamanan Ketupat Mahakam di Kutai Kartanegara, Jalanan Terpantau Sepi

KUTAI KARTANEGARA.liputantimur.com - Personil gabungan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan BPBD lakukan operasi pengamanan Ketupat Mahakam 2022 pada hari kedua perayaan hari raya...

Di Hadiri Gubernur, Bupati Donggala Launching Buku dan Gelar Bimtek

Liputantimur.com, Donggala - Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin, Universitas Tadulako serta Lembaga Fasilitas Management Pemerintahan Daerah, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)...

Ganjar-Puan Capres Paling Disukai Pemilih Indonesia

Liputantimur, Jakarta,- Pasangan Ganjar - Puan menjadi magnit politik untuk masyarakat ikut dalam politik, bahkan mereka dengan rela mengeluarkan akomodasi seperti seragam dan lainnya. Ketua...

Akui Miliki KTT dan Dokumen RKAB, Ini Konfirmasi Pihak PT. RTM 

Liputantimur.com, Palu - Adalah Perseroan Terbatas (PT). Ratu Tambang Mandiri (RTM) yakni perusahaan bergerak di bidang pertambangan Galian C yang telah beroperasi selama 8...

Mahasiswi ditemukan Tewas ditempat terjatuh dari lantai Enam

Liputantimur.com- Makassar ,Seorang wanita ditemukan tewas ditempat diduga terjatuh dari lantai atas ke parkiran Gedung Graha Pena, Jalan Urip Sumoharjo kecamatan Panakkukang Kota Makassar,Rabu(29/6/22) Penemuan...

Kasus Dugaan Korupsi Alsintan di Takalar Mandek, Tim Investigasi LSM INTAI Curiga

Liputantimur.com, Takalar - Mantan Kepala Dinas Kabupaten Takalar yang saat ini menjabat sebagai Sekda MH dan Kawan-kawan sebelumnya dilaporkan atas dugaan tindak pidana korupsi...

Gelar UKT PSNU Kali Pertamanya, Ini Harapan Ketua PAC Ansor Palsel

Liputantimur.com, Palu - Berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Munadji Sekretariat PAC Ansor Palu Selatan (Palsel) dan Sekretariat PSNU Pagar Nusa Kota Palu, Jalan Bulili...

Danramil koba hadiri pelantikan anggota BPD

Kutai Kartanegara – Danramil 0906-09/Kota Bangun Lettu Inf. Gunarto menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 3 Desa di Kecamatan...

*Evaluasi Kinerja Serta Anev Operasi Lilin 2021 Kapolda Riau Berikan Reward Satlantas Berprestasi*

PEKANBARU, Riau | Liputantimur.com - Pelaksanaan kegiatan Evaluasi Kinerja serta Anev Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 Ditlantas Polda Riau Ditlantas Polda Riau dan Satlantas...