Beranda METRO MAKASSAR Heboh, Kisruh Antara Pengurus Mesjid dan Pengurus Pasar?

Heboh, Kisruh Antara Pengurus Mesjid dan Pengurus Pasar?

Liputantimur.com, Makassar, Sulsel – Kisruh Pemberhentian pengurus Mesjid Baabur Rizqi Pasar Pusat Niaga Daya oleh pihak Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Makassar Raya bikin heboh.

Hal itu berawal saat jamaah dikejutkan di Mesjid Baabur Rizqi mendengar pengumuman dari Direktur Teknik & Perpasaran Perumda Pasar Makassar Raya saat membacakan surat Dirut Perumda Pasar tentang Berakhirnya Masa Kepengurusan Masjid Baabur Rizqi periode (2021- 2023) seusai melaksanakan sholat jum’at (06/01/2023) siang.

Dimana Direktur teknik Perumda Pasar tersebut langsung mengumumkan bahwa Pengurus masjid periode 2021-2023 telah demisioner dan dibekukan.

Setelah itu mengangkat 2 orang pengurus baru yakni Kepala Pasar Pusat Niaga Daya dan Imam Kelurahan Daya.

Keduanya diketahuai merupakan tim yang mengendalikan masa transisi sambil menyusun kepanitiaan pemilihan pengurus masjid periode berikutnya.

Sebagaimana surat sebelumnya, tertanggal 04 Januari 2023 nomor 511.2/018/Perumda.Psr/ I/2023. Perihal Pengelolaan Mesjid Babur Rizqi Pasar Pusat Niaga Daya.

Dimana sebagai harapan Kepala Pasar Pusat Niaga Daya untuk memediasi pembentukan Panitia musyawarah pemilihan pengurus baru kemudian panitia Musyawarah yang telah dibentuk akan melakukan sidang pertanggung jawaban dari pengurus lama.

Doc. Perihal Pengelolaan Mesjid Baabur Rizqi Pasar Pusat Niaga Daya Oleh Perumda Pasar Makassar

Namun tak berselang lama, hanya selisih 2 hari pada surat tersebut tertanggal 04 Januari 2023 ditujukan kepada Kepala Pasar Pusat Niaga Daya menyusul pengumuman pemberhentian/pembekuan kegiatan pengurus mesjid Baabur Rizqi yang lama 06 Januari 2023.

Terkait tindakan tersebut langsung ditanggapi oleh Jamaah Mesjid dan Drs.H. Burhanuddin B,MA selaku ketua pengurus mengatakan bahwa itu adalah tindakan kezoliman.

Ia menyesalkan terhadap sikap dan tindakan Dirut melalui Direktur Teknik yang tiba-tiba mengambil alih dan menghentikan/membekukan peran fungsi Pengurus walau dengan alasan telah berakhir masa tugasnya.

Menurutnya sebagaimana yang berlaku pada kepengurusan sebelumnya bahwa masa tugas pengurus adalah dalam jangka waktu (periode) selama 3 tahun.

“Anehnya pengurus terdahulu pernah bertugas selama 11 tahun dan disebut sebagai 2 periode, satu periode adalah 3 tahun,” bebernya.

Hal tersebut menjadi pertanyaan dari penduhulunya berapa periode, kenapa tak satupun dari pihak yang mempersoalkan?

“Kenapa pengurus saat ini hanya diberikan waktu hanya 2 tahun, di mana menurutnya kurang lazim dan menyalahi komitmen saat pembentukan panitia pemilihan pengurus dua tahun lalu,” tanya dia

Baca juga : Gegara Swafoto Dengan Wabup, Honorer Dinsos di Pecat 

“Mestinya dinamika perbedaan pendapat ini difasilitasi untuk dibicarakan, bukan diambil alih secara mendadak dan sepihak seperti ini”, tuturnya.

Ditambahkan Drs.H. Burhanuddin B, MA , Dirut Pasar dalam posisi sebagai orang tua bagi masyarakat pasar, mestinya bisa memanggil kami, untuk membicarakan atau musyawarah terlebih dahulu,, jangan langsung membekukan pengurus seperti ini.

Sebab siapa yang sanggup mengelola program layanan jamaah, termasuk mengurus nasib puluhan santri Tahfidz jika sejumlah pengurus tiba-tiba dihentikan mendadak seperti ini.

Dengan itu pihaknya meminta ketegasan pihak Dirut Perumda Pasar bagaimana mengatasi kondisi transisi ini.

“Jangan sampai para jamaah dan santri pondok Tahfidz terlantar gara-gara pengalihan kepengurusan tanpa melibatkan pengurus yang telah berjalan selama ini,” tandasnya.

Seperti saat suasana nyaris ricuh, beberapa jamaah dan orang tua santri berteriak mempertanyakan nasib pada santri pondok tahfidz yang selama ini dibina dan dikelola dalam naungan pengurus masjid dengan fasilitas gratis. Bahwa Mesjid adalah sarana ibadah dan bagaimana mencegah kedzaliman.

“Bagaimana ini, siapa yang bertanggung jawab kalau caranya begini, bukankah ini pendzaliman,” teriak jamaah

Kondisi sempat meredah setelah mendapatkan arahan dari aparat dan Kapolsek Biringkanaya, Aparat Danramil Biringkanaya dan beberapa tokoh masyarakat pun turut mengamankan situasi.

“Kapolsek Biringkanaya mengharapkan adanya kondisi yang terkendali, jaga ketertiban, Selesaikan persoalan Kepengurusan kedepan dengan baik, musyawarah kan dengan semua unsur baik Jamaah, Pengurus lama serta pihak Pengelola pasar dan Pemerintah setempat,”

Beberapa ibu jamaah masjid Baabur Rizqi dihadapan Kapolsek dan Aparat keamanan lainnya secara serius mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi krusial seperti ini.

Menurutnya aparat kepolisian perlu menfasilitasi agar situasi segera kondusif, ada kejelasan pengelolaan para santri di masjid Baabur Rizqi ini.

Sumber lain dari pengurus mesjid Baabur Rizqi yang lama saat ditemui oleh tim media Liputantimur.com di sekitar Mesjid Baabur Rizqi juga merasa terdzolimi adanya pemberhentian secara tiba-tiba tersebut tanpa pertemuan untuk musyawarah sebelumnya.

“Masalahnya ini karena tidak pernah musyawarah dulu, tiba-tiba ada penyampain untuk pemberhentian pengurus lama dan penunjukan pengurus baru, ungkap Herman salah satu pengurus masjid Baabur Rizqi. Sabtu (07/01/23) sore.

Herman menambahkan dengan bingung? kenapa sejauh itu, pihak pengelola pasar melakukan pemberhentian atau penunjukan pengurus mesjid.

“Ini juga perlu kami tanyakan kenapa bisa pihak pengelola pasar yang memberikan penunjukan atau pemberhentian?,” tanya Herman.

Terpisah, Kepala Pasar Pusat Niaga Daya, Kadir, melalui via chat whatsapp menanggapi dari sejak 2 minggu sebelumnya kata dia sudah menyampaikan kepada pengurus ‘ketua,Red’ terkait jabatan akan berakhir pada 06 Januari 2023 dan disusul surat oleh direksi.

“Jadi begini 2 minggu sebelum habis masa jabatanx sy sdh sampaikan bahwa tgl 6 januari 2023 sdh berakhir dan di susul lagi surat dari direksi dan 2 minggu sebelum berahir sy tlg kita buat laporan pertanggung jawaban terkait masalah keuangan Madjid babul resqi,” bebernya

Tambahnya, saat ini menurutnya ia dengar sudah ada pelaksana tugas (plt) tapi masih belanja barang.

“Bahkan skrg sy dengar sdh ada plt tapi sy dengar masih belanja barang berupa AC,” tambahnya.

Namun soal pengumuman di Mesjid itu bukan dirinya tapi disampaikan oleh direksi.

“Dan yg umumkan kemarin kan direksi bukan sy,” terangnya

Lebih lanjut membeberkan Mesjid Baabur Rizqi menurutnya adalah aset Pasar.

“Itu mesjid aset pasar dan pak bur sdh berakhir SK nya tgl 6 januari,” tutupnya.

Sekedar diketahui, selama ini, pengurus telah membina program pondok sekitar 22 santri Tahfidz Qur’an gratis dan ratusan santri Iqro dan majelis taklim muslimah serta tenaga pendidik berjumlah 6 orang. (*)

 

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Kasus Pencabulan Anak Usia 3 Tahun Sudah Masuk Tahap Persidangan

Liputantimur.com | Makassar - 15 Juli 2024, Kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur kembali mencuat dan memicu perhatian publik. Kali ini, seorang anak...

Usut Tuntas Dugaan Pemotongan Insentif Pegawai Pemkot Surabaya

Liputantimur.com | Surabaya - Menindak lanjuti informasi dan temuan di masyarakat, Ketua Aliansi Madura Indonesia (AMI) Baihaki Akbar mendesak agar pihak KPK RI, BPK...

Penggerebekan di Kota Gaza dan Peningkatan Jumlah Syuhada Akibat Pembantaian

Liputantimur.com | Palestina - Hari ini, Minggu 14 Juli 2024, tentara pendudukan Israel terus melancarkan serangan kekerasan di Jalur Gaza, setelah pembantaian mengerikan yang dilakukannya...

Didi Sungkono : Oknum Polisi Kurangi BB Sabu, Harus di PTDH, Jangan Dilindungi oleh Pimpinan Polri

Liputantimur.com | Surabaya - Penangkapan 5 oknum anggota Polisi berdinas di Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah (Jateng) terkait mengurangi barang bukti (BB) narkotika berjenis sabu...

Sedang Asik Berduaan Sambil Bugil Dalam Kamar, Seorang Oknum PNS di Mojokerto Digrebek Suami

Liputantimur.com | Mojokerto - Seorang oknum PNS di Mojokerto berinisial RP (34) digrebek saat asik berduaan sambil bugil dengan Pegawai Harian Lepas (PHL) di dalam kamar...

Judi Sabung Ayam Merajalela Oknum Terkesan Kebal Hukum

Liputantimur.com | Blitar - Viral di medsos dan media online, maraknya perjudian sabung ayam, meresahkan masyarakat yang keberadaannya di Wilayah Njari desa Bajang pembatasan...

Breaking News, Trump Tampak Terluka Diduga Mengalami Penembakan!

Liputantimur.com | Amerika - Mantan Presiden AS Donald Trump dievakuasi dan tampak terluka setelah suara tembakan terdengar di acara kampanyenya di Butler, Pennsylvania pada...

Satpol PP Bojonegoro Tertibkan Rumah Kos dari Perbuatan Asusila

Liputantimur.com | Bojonegoro - Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro...

Penyeludupan Halal, Cara Warga Gaza Bertahan Hidup

Liputantimur.com | Palestina -  Cara Warga Gaza bertahan hidup dengan melakukan penyelundupan barang secara halal di tengah gempuran serangan Israel. Seperti dilansir Spirit of Aqsa,...

Polisi Edukasi Bahaya Kekerasan Anak pada Guru Sekolah

Liputantimur.com | Sidoarjo - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Sidoarjo secara masif memberikan edukasi, tentang upaya perlindungan sekolah terhadap bahaya kekerasan dan...

Pelanggaran, Oknum Perangkat Desa Cangaan Gunakan Mobil Siaga Desa Mengisi BBM Subsidi Pertalite

Liputantimur.com | Gresik - Pada tanggal 09 Juli 2024 Selasa malam telah ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum perangkat desa di Cangaan, Ujung Pangkah,...

PT Slamet Putra Rekanan PT Petrokimia Gresik Tidak Berikan Uang Pesangon ke Karyawannya Dari Tahun 2012 Hingga 2016

Liputantimur.com | Gresik - Para buruh atau karyawan PT Slamat Putra rekanan dari PT Petrokimia Gresik menuntut uang pesangon mereka. Karyawan PT Slamet Putra menceritakan,...

Legislator Golkar Kota Makassar Apiaty K Amin Syam : Jangan Tolak Tim Detektor

Makassar, liputantimur.com - PPKM dan Tim Detektor hadir untuk menyelamatkan masyarakat dari Covid-19, bukan sebaliknya, menyesengsarkan. Jangan takut pada tim detektor karena mereka bekerja...

Penimbunan BBM Solar Di Takalar Berhasil Diungkap Oleh Lembaga Poros Rakyat, Ini Kata Pihak Polres Takalar

Liputantimur.com, Takalar - Dugaan kelangkaan Solar subsidi yang terjadi akhir-akhir ini salah satunya disebabkan oleh adanya kasus penimbunan di beberapa daerah. Kondisi tersebut lantas...

Owner Arisan Online Di Makassar Nekat Aniaya Membernya Sendiri Lantaran Tak Mau Membayar Utang

Liputantimur.com, Makassar - Viral, Owner arisan online di makassar nekat menganiaya membernya sendiri lantaran tidak mau membayar utang. Kejadian ini terjadi di Perumahan Graha Intiland...

Gelar Seleksi Beasiswa IKHAC, Ini Harapan Ketua PW PERGUNU Sulteng 

Liputantimur.com, Palu - Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Sulawesi Tengah (Sulteng) saat ini tengah melakukan tahapan seleksi program Mahasiswa Baru (Maba)...

Jalan Rusak Parah, Pemerintah Acuh, Ini Respon LSM INAKOR SULSEL

Liputantimur.com,Makassar - Lembaga Swadaya Masyarakat Independen Nasional Anti Korupsi (LSM INAKOR) Sulawesi Selatan Menyoroti Lambatnya pemerintah pusat maupun pemerintah Daerah Kabupaten Bone melakukan perbaikan...

DanLanal Palu Beserta Ibu Hadiri Puncak HUT Kota Palu ke-44 

Liputantimur.com, Palu - Masih dalam memeriahkan HUT Ke-44 Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) Komandan Lanal (DanLanal) Palu Letkol laut (P) Muhammad Catur Soelistyono, S.H.,...

Katim Perumus RPJM Desa Turungan Baji Silaturahmi ke Guru Besar UNM

Liputantimur.com, Makassar - Ketua Tim Perumus Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Turungan Baji,  Nurhidayatullah B. Cottong melakukan kunjungan silaturahmi kepada guru besar Universitas...

Jalur Moncong Loe Macet Total Terkait Acara Pernikahan Anak Walikota Makassar

Liputantimur.com, Makassar - Jalur moncong loe menuju Tokka macet total hari ini jumat 6/5/22 pukul 15:59 WITA terkait acara perkawinan anak walikota Makassar Ramdhan...

AKJII GOWA : DPRD Gowa Diduga Tidak Berdaya Dalam Mengawasi Perda Perlindungan Lahan Produktif

Liputantimur.com, Gowa - Banyaknya pengembangan yang bebas melakukan pembangunan Perumahan Subsidi ataupun Non Subsidi di Wilayah Kecamatan Barombong seakan-akan Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Tentang Perlindungan...