Beranda IPTEK Kans Indonesia Menguasai Pasar Dunia di Segemen Baterai Dan Kendaraan Listrik

Kans Indonesia Menguasai Pasar Dunia di Segemen Baterai Dan Kendaraan Listrik

DUNIA kudu percaya bahwa kendaraan bermotor konvensional terbaik adalah produk keluaran Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.

Sebab itu produk kendaraan mereka laris manis kayak kacang goreng di pasar otomotif dunia dibanding misalnya produk buatan Korsel, China, Turki, Iran dan Rusia.

Kondisi itu membujuk Indonesia untuk melirik bisnis lain. Urung niat memproduksi sendiri kendaraan bermotor konvensional sera besar-besaran.

Daripada bangkrut, lebih afdol Indonesia memproduksi  kendaraan non konvensional yakni mobil listrik dan komponen banterainya.

Peluang sebagai the leader dalam segmen pasar kendaraan listrik cukup besar bagi Indoneisa. Pasalnya,  cadangan nikel Indonesia terbesar di dunia dan didukung mutu yang terbaik.

Bermodalkan  bahan baku dalam negeri yang melimpah dan berkualitas tinggi, harga mobil listrik Indonesia bisa menjadi lebih murah dari produk luar.

Nikel Indonesia Terdepan

Dari sisi jumlah produksi nikel per tahun, Indonesia menempati urutan pertama dari 10 negara terbesar dunia. Amerika Serikat (AS) berada di rutan ke-10. Produksi Inikel ndonesia 800.000 metrik ton (MT) per tahun dan AS sebanyak 14.000 MT per tahun.

Indonesia juga berada di urutan pertama dunia pemilik cadangan nikel, yakni 21 juta ton senyawa etal di 2019, Australia mencapai 20 juta ton senyawa metal.

Bahkan terdapat sumber daya nikel sebesar 8,64 miliar ton nikel yang sejatinya bisa diubah menjadi cadangan, kata Ketua Umum Ahli Pertambangan Indonnesia Rizal Kasli Sudirman Widhy Hartono, kutip CNN Indonesia,Rabu, (02/10/2019).

Sementara Brazil dan Rusia, masing memiliki cadangan nikel sebesar 16 juta ton dan 7 juta ton senyawam metal, tulis idxchannel.com (2/07/20021).

Cadangan nikel Indonesia itu berupa deposit nikel laterit yang merupakan produk laterisasi atau pelapukan batuan ultramafik  yang mengandung magnesium dan besi, tutur Guru Besar ITB Mont Zaki Mubarok Kamis (29/01/2020).

Dari aspek kualitas, Nikel  Indonesia terbaik di dunia.  Bijih nikel kita tergolong kadar rendah 0,8 persen hingga 1,5 persen, hal ini bisa digunakan untuk memproduksi baterai lithium kualitas tinggi, tutur Kepala Subdirektorat Pengawasan Usaha Eksplorasi Mineral Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Andri Budhiman Firmanto , CNN Indonesia,Rabu (02/10/2019 ).

Andri tak sendiri mengatakan seperti  itu. Ada CEO kendaraan listrik Tesla,yakni Elon Musk, di belakangnya. Musk mengatakan, “Australia dan Kanada melakukannya dengan cukup baik. Produksi nikel AS secara obyektif sangat buruk. Dan Indonesia yang terhebat,” dikutip liutan6.com (26/10/2020).

The Leader

Fakta yang tengah terjadi dewasa ini ialah permintan kendaraan listik dunia,utamanya mobil listrik  mulai merangkan naik sejak 2020.Permintaan itu diperkirakan mulai melonjak tajam 5 tahun sebelum tiba 2035.

Pasalanya pada tahun itu negara-negara Eropa,China,Jepang dan Amerika Serikat mulai memproduksi secara besar-besara kendaraan listrik.

Kedua, harga nikel juga terus merangkak naik akibat kenaikan permintaan baterai lithium dunia sementara pasokan nikel duni relatif terbatas.

Melansir Bloomberg, per Kamis (7/01/2021), harga nikel di Bursa London Metal Exchange (LME) untuk kontrak tiga bulan beraada di level 18.109 Dollar AS per ton. Ini merupakan harga tertinggi sejak 20214, tulis kontan.co.id, Jumat (18/01/2021).

Berkurangnya pasokan nikel di pasar global merupakan dampak dari kebijakan Pemerintahan Presiden Jokowi yang melarang ekspor biji nikel pada Januari 2020 dan menurunya volume produksi beberapa negara penghasil nikel seperti Kuba, Brasil, Rusia.

Fakta itu menunjukkan Indonesia dapat mengendalikan harga nikel dunia dan semua komponen kendaraan listrik yang menggunakan nikel. Kekuatan Indonesia ini sulit ditandingi dan karena itu Indonesia memliki kansa besar  menjadi ‘The Leader ‘ di pasar bataerai isi ulang dan kendaraan listrik dunia.

Menguasai Pasar

Langkah awal penguasaan pasar gemuk kendaraan listrik dunia mulai dilakukan Indonesia dengan mendirikan pabrik baterai kendaraan listrik  di Kota Deltamas, Karawang,Jawa Barat  pada Senin (24 Mei 2021).

Pabrik yang beroperasi di bawah bendera PT Industri Baterai Indonesia (Indonesia Battery Corporation (IBC) ini adalah perusahaan patungan Indonesia Korea Selatan dan China. Ia  percaya kapasitas produksinya dapat menembus angka 140 (GWH) pada 2030.

Di samping untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, baterai yang diproduksi juga akan diekspor.

Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury mengatakan,  selain digunakan untuk produksi kendaraan listrik dalam negeri, sebagian dari produksi baterai tersebut kemungkinan juga akan diekspor ke luar negeri,yakni baterai cell sebanyak 50 GWH, binis.com (26/03/2021).

Pabrik baterai dan pembangunan stasiun pengisian baerai kendaraan listrik  sesuai road map merupakan domain PT.Pertamina, Tbk  dan PT PLN .

Untuk memenuhi kebutuhan nikel PT IBC dan perusahaan dalam negeri, pemerintah  menunjuk PT Antam,Tbk memproduksi biji nikel dengan membangun smelter.

Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) diberikan kewenangan membangun pabrik kendaraan listrik. Kementerian perdagangan ditugaskan mencari pasar dan mempermudah impor komponenan mobil listrik.

Industri hulu dan hilir kendaraan listrik perlahan dibangun dan digerakkan “Di 2021-2023 ini diharapkan mulai dirasakan impac-nya”, kata Pahala.

Namun semua langkah yang ditempuh pemeritah di atas hulunya adalah kemauan politik rezim yang tertuang dalam  Perpres No.55 tahun 2019  tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berasis Baterai yang diteken Jokowi(*)

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Didampingi Kuasa Hukumnya, Kedua Orang Tua Almarhumah Ayu Resmi Melaporkan RT di Mapolda Sulbar

Liputantimur.com, Mamuju, Sulbar - Terkait kasus kematian tidak wajar Sri Hastuti Ayu Andira di Kabupaten Mamasa, didampingi Penasehat Hukum, Bakri orang tua korban resmi...

Terkait Penahanan HA Dipolrestabes Makassar, Kuasa Hukum Beberkan Hasil Gelar Perkara Khusus

Liputantimur.com, Makassar, Sulsel - Kuasa Hukum HA beberkan Terkait Penahanan kliennya Dipolrestabes Makassar yang ditetapkan sebagai tersangka dalam Dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan. Sebagaimana...

Ketua Lsm Gempa Minta Bupati Gowa Copot Sekdes Baturappe, Rahimi : Itu tidak Benar

Liputantimur.com, Gowa, Sulsel - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Sosial Masyarakat (Lsm) Gempa Indonesia meminta kepada Bapak Bupati Gowa Yang Terhormat agar memerintahkan...

Kasus Kematian Ayu di Mamasa tak Jelas, APH Terkesan Saling Lempar Tanggung Jawab?

Liputantimur.com, Mamasa, Sulbar - Kasus kematian Sri Hastuti Ayu Andira di Kanpung Ra'da, Desa Masuppu, Kecamatan Tabang, Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) hingga...

Lahan Warga Trasmigran Eks Timtim Dikembalikan

Liputantimur.com, Luwu Timur, Sulsel - Menindaklanjuti kasus sengketa lahan warga Trasmigran Eks Timor Timur (Timtim) Kuasa hukum mendatangi Kantor Dinas Trasmigrasi, Tenaga Kerja dan...

Pemilik Tambang di Takalar Mengaku tidak Mengantongi Izin!

Liputantimur.com, Takalar, Sulsel - Pemilik Tambang pasir yang beroperasi di Lingkungan Sompu, Kelurahan Sombala Bella, Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar mengaku tidak mengantongi izin. Ketua DPP...

Polres Gowa Menindak Lanjuti Laporan Pemilik Ruko yang Hendak Dieksekusi

Liputantomur.com, Gowal, Sulsel - Penyidik Polres Gowa Polda Sulawesi Selatan menindak lanjuti laporan polisi pemilik Ruko yang berlokasi di Jalan Pallantikang Nomor 12 Kelurahan...

Abd.Kadir Patwa Diduga Lecehkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1941 K/Pdt/2015

Liputantomur.com, Gowa, Sulsel - Sekitar jam 10 wita dini hari Senin Tanggal 24/10/2022 beberapa orang diduga Preman yang menurutnya menerima Kuasa dari Lelaki Kadir...

FMP Laporkan Ketua BUMdes dan Mantan Kades Lumbutarombo Ke Kejati Sulteng 

Liputantimur.com,Palu - Forum Masyarakat Peduli (FMP) Desa Lumbutarombo melaporkan mantan kepala desa dan mantan ketua BUMdes Lumbutarombo ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah (Sulteng). Laporah...

Modus Ajak Korban Arisan Online,WA Diamankan Polres Soppeng 

Liputantimur.com,Soppeng - Penyidik Satuan Reserse (Satreskrim) Polres Soppeng menetapkan tersangka yang merupakan owner Arisan Online Winda Ali alias Indah Ceng. Olehnya Kasat Reskrim Polres Soppeng,...

Kasus Kenpark Surut?, Baihaki : Mana Lambang Presisi Polri!

Liputantimur.com, Surabaya, Jatim - Kasus ambrolnya perosotoan Kenpark yang terjadi bulan Mei silam hingga menimbulkan 17 korban, kini kasusnya surut seiring berjalannya waktu seakan-akan...

Lambat Tangani Kasus, Korban Laka Lantas di Galut Keluhkan Tim Penyidik

Liputantimur.com, Takalar, Sulsel - Sebuah kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang terjadi sebulan lalu di jalan poros Galesong Utara (Galut) - Barombong, Kabupaten Takalar,...

Kapolda Sulteng Sidak Satpas SIM, SKCK, dan SPKT Polresta Palu, Ini Kata Kabid Humas 

Liputantimur.com, Palu - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng), IRJEN Pol Drs Rudy Sufahriadi kembali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Kepolisian Resort...

Positip Covid-19, Bolehkah Ibu Menyusui Bayinya?

Kalau kondisinya COVID-19 berat, terpaksa kasih ASI perah, ingatkan pada yang dititipin untuk pakai sendok atau pipet. Kalau masih bisa menyusui langsung masker harus...

Riau Capai Angka Herd Immunity, Kapolda Sampaikan Apresiasi

  PEKANBARU Liputantimur com- Kerja keras jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau dalam melakukan akselerasi vaksinasi di Riau, membuahkan hasil.   Saat ini, capaian vaksinasi di Riau sudah...

Kapolres Karawang Akan Tindak Tegas Pelaku Pengeroyokan Anggota LSM GMBI

Liputantimur.com | Karawang, Jawa Barat - Kericuhan Penyerangan Ormas GMBI dan Koalisinya Terhadap Anggota LSM GMBI terjadi di Jalan Interchange Karawang Barat, Jawa Barat,...

Ferdinand Hutahaean Ditahan, Ini Kata Direktur Eksekutif Celebes Intelectual Law

LIPUTANTIMUR| Makassar, Sulsel - Ferdinand Hutahaean dijadikan tersangka karena ujaran dalam bentuk cuitan kebencian bermuatan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) yang ditetapkan...

Poskes Kodim 0906/Kutai Kartanegara lakukan kegiatan vaksinasi pada lansia di kelurahan Bukit Biru

Kutai Kartanegara,liputantimur.com - Poliklinik Kesehatan 06.10.04 Kodim 0906/Kutai Kartanegara bekerja sama dengan UPT Puskesmas Bukit Biru menggelar kegiatan vaksinasi kepada masyarakat yang dilaksanakan di...

Kabid Humas Polda SulSel Himbau Jajaran Tetap Sosialisasi Protokol Kesehatan, Meskipun Status PPKM Di Sulawesi Selatan Turun

Liputantimur.com | Makassar, Sulsel - Pemerintah pusat resmi mengumumkan bila PPKM di seluruh Kabupaten/Kota di Sulsel turun level menjadi level 2. Meski begitu aparat...

Agresor Sangat Berbahaya ialah Manusia tidak Beriman

Liputantimur.com , Opini - Dari jawaban Presiden Rusia Vladimir Putin terungkap alasan mendasar dirinya memerintahkan militernya menginvasi (agresi)  negara tetangganya Ukrania, yakni takut negerinya...

Direktur Eksekutif Celebes Intelectual Law Sorot Isu Presiden 3 Periode

Liputantimur.com, Banggai - Terkait isu perpanjangan Presiden menjadi 3 periode menjadi topik hangat dikalangan masyarakat setelah Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Suryawijaya menyampaikan salam...