Beranda OPINI Mau jadi Penguasa?, Lima pihak ini harus Dirangkul (Bagian ke tiga)

Mau jadi Penguasa?, Lima pihak ini harus Dirangkul (Bagian ke tiga)

Sulit membayangkan sebuah organisasi bisa cepat membesar dan kuat apabila pemimpinnya secara finansial lemah” (Guru Besar Fakultas Hukum Unhas Achmad Ali).

Oleh : Pettarani,SH

Pelaku Usaha 

jokowi, Yusuf Kalla, Aburizal Bakri, Hary Tanoe, Surya Paloh, Sandiaga Uno, Eric Tohir, dll adalah sedikit nama dari sejumlah nama pelaku usaha (busines man)di Indonesia.

Apa yang kita tahu dari mereka di luar urusan pengembangan usahanya ialah nama-nama mereka juga menonjol di dunia politik praktis. Jokowi presiden dua preiode. Yusuf Kalla dua kali memangku jabatan politis nomor dua di Indonesia: Wapres.

Aburizal Bakrie pernah Ketua Umum Partai Golkar dan menjabat menteri. Hari Tanoe ketua Partai, Surya Paloh duduk di kursi nomor satu di Nasdem, sandiaga Uno mantan Wagub DKI medampingi Anies Baswedan dan kini menjabat Menteri Pariwisata .Erick Tohir menjabat menteri BUMN.

Fenomena pelaku usaha menduduki jabatan politik yang strategis dalam suatu negara tidak hanya terjadi di Indonesia tetap juga dihampir semua negara di dunia.

Donald Trump di Amerika Serikat. Saat dia terpilih menjadi Presiden negeri Paman Sam ini, di adalah termasuk dalam kelompok pengusaha papan atas negerinya.

Demikian juga dengan Perdana Menteri Inggris yang baru  Rishi Sunak adalah pengusaha papan atas di negeri ini. Menurut satu laporan, kekayannya melebihi kekayaan King Charles yang baru menggantikan posisi ibunya Queen Elizabeth II yang wafat.

Kita melihat Silvio Berlusconi. Orang kaya ini menjadi perdana menteri Italia selama empat kali pemerintahan. Dia meraih kekayaannya dari bisnis media.

Forbes mencatat, pada 2016, Berlusconi memiliki kekayaan USD 6,2 miliar yang menempatkannya di urutan ke lima terkaya di Italia.Dia juga masuk ke dalam daftar pria paling berpengaruh di dunia.

Selanjutnya,Petro Poroshenko dari Ukrania.Kekayaannya mencapai USD 760 juta. Dia menjadi presiden Ukrania sejak 2014 setelah sebelumnya menjadi menteri luar negeri dari 2009-2010.

Shinawatra punya cerita yang sama. Dia adalah salah satu pengusaha media terkaya yang menjadi perdana menteri Thailand sejak 2001-2006.

Dia pernah dihukum penjara selama dua tahun lantaran tuduhan penyalahgunaan kekuasaan.Meski begitu dia tetap menyebarkan pengaruh politiknya melalui partai yang didirikannya.

Meski kehilangan banyak uang setelah berhenti dari kekuasannya, dia masih menjadi salah satu miliarder terkaya dunia dengan total kekayaan sebesar USD 1,8 miliar.

Di Libanon dunia mengenal Rafiq Hariri. Orang kaya ini dapat menduduki jabatan Perdana Menteri Libanon selama dua periode. Kekayaanya diraih dari kerajaan bisnisnya mulai dari konstruksi, real estate, media dan telekomunikasi.

Seluruh bisnisnya membuat hartanya melimpah hingga bernilai USD 10 miliar. Dia meninggal lantaran dibunuh pada 2005 di Beirut.

Sebastian Pinera presiden Chili sejak 2010-2014. Dia memulai bisnisnya sebagai penjual kartu kredit hingga melebar ke bisnis penerbangan, pertambangan, media, real estate dan farmasi.

Masih banyak lagi dimana semua fakta ini menegaskan bahwa pelaku usaha punya tempat terhormat di tangga struktur sosial dalam masyarakat dan mampu merebut kekuasaan.

Betapa kuatnya pengaruh kelompok pelaku usaha terhadap perebutan kekuasaan dalam satu negara tak bisa dihindari sebab manusia sejak lajir sudah membawa sifat ingin berkuasa.

Bukti anak manusia membawa sifat ingin berkuasa atau mendominasi  sejak dalam kandungan ialah prilaku cabang bayi kembar dalam kandungan. Peneliti melihat di layar monitor kedua anak saling berebut makanan.Masing masing ingin lebih dulu dari lainnyadengan cara saling tendang.

Di samping memiliki kekayaan dengan jumlahnya di atas rata-rata dan sebagai pemilik parpol, para pelaku usaha, utamanya golongan atas, juga memiliki kekuatan dalam bentuk jaringan bisnis, karyawan dalam jumlah ribuan, penggemar atau simpatisan yang jumlahnya dalam hitungan puluhan ribu di seluruh penjuru republik Indonesia.

Praktis orang-orang ini memiliki nilai tawar politik yang tinggi terhadap parpol maupun rezim yang berkuasa.

Dua pola

Tampaknya dimana-mana sama saja pola pelaku usaha merebut kekuasaan. Pola pertama kita sebut pola pasang badan. Di sini gerakan para pelaku usaha tampak di permukaan.

Awalnya masuk ke parpol sebagai kader. Karena bargaining power kuat, posisi strategis di parpol menjadi miliknya.

Memasuki pilpres dan pilkada, pelaku usaha duduk di barisan utama timses karena sanggup memodali calonnya. Kalau calonnya menang, otomatis ybs mendapat kekuasaan.Seperti apa kekuasaan yang akan diberikan, tergantung deal.

Pola kedua ialah pola laten, gerakannya tidak tampak di permukaan.Banyak alasan penolakan tampil di depan umum. Namun yang pasti pelaku usaha dibelakang layar ini tidak mau terganggu urusan bisnisnya dan menghindari sorotan publik.

Di sini para pelaku usaha hanya berperan sebagi memasok dana sesuai kebutuhan calon.Tentu ada imbalannya.Seperti apa bentuk imbalan,tergantung deal.

Sejumlah pakar politik mengatakan pelaku usaha bernafsu ingin berkuasa dalam satu negara karena didorong oleh dua faktor utama : menjaga dan mengembangkan propertinya di satu sisi dan di sisi lain ia ingin memperjuangkan idiologinya.

Untuk mewujudkan impiannya, pelaku usaha mendirikan parpol atau ia masuk parpol.Ini konsekuensi dalam negara demokrasi. Sebagi kendaraan politik, parpol yang diandalkan dapat mengantar ke kursi kekuasaan.

Sebab itu jika anda ingin berkuasa bermitralah pada pelaku usaha, utamanya kelompok pengusaha papan atas yang sejalan dengan idiologi anda. Niscaya mereka bersedia.(*)

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Seorang Caleg Terpilih di Mamasa Kini Tersandung Kasus Dugaan Ijazah Palsu?

Liputantimur.com | Mamasa - Seorang calon legislatif (caleg) di Kabupaten Mamasa kini tersandung kasus dugaan ijazah palsu usai dilaporkan di Polda Sulbar bertempat di...

Banyak Pasukan Israel Angkat Kaki dari Gaza, Netanyahu Berupaya Cari Aman

Liputantimur.com | Palestina - Senin 8 April 2024, Israel menyisakan satu brigade di Jalur Gaza selatan setelah menarik banyak pasukannya dari daerah itu. Sementara Hamas...

Lebih dari 600 Ribu Anak di Rafah Kelaparan

Liputantimur.com| Palestina - Senin 8 April 2024, Juru bicara Dana Anak-anak PBB (UNICEF), James Elder, meningkatkan kewaspadaan atas situasi mengerikan yang dialami lebih dari...

“Polda Sulsel Periksa Rektor UNM Terkait Skandal Pungli CPNS: Siapa Pelakunya?”

LIPUTANTIMUR.COM |MAKASSAR – Penyidik Ditreskimsus Polda Sulawesi Selatan memeriksa Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam terkait dugaan skandal pungutan liar rekrutmen CPNS...

Anak-anak Gaza Menghadapi Jalan Panjang Menuju Kesembuhan

Liputantimur.com | Palestina - Para ahli mengecam kerusakan psikologis akibat kurangnya pendidikan ditambah dengan pemboman, kelaparan, penyakit dan kehilangan, Jum'at 05 April 2024. Dimana delapan...

Rakyat Turki Turun ke Jalan, Tuntut Dihentikan Genosida di Gaza

Liputantimur.com | Turki - Kamis 04 April 2024 Demonstrasi besar-besaran digelar di ibu kota Turki, Ankara mendukung rakyat Palestina dan menuntut diakhirinya genosida yang...

Hampir 200 Pekerja Kemanusiaan di Palestina Gugur Sejak Oktober

Liputantimur.com | Palestina - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan, “sedikitnya 196 pekerja kemanusiaan terbunuh sejak Oktober” di Jalur Gaza, menyusul tragedi terjadinya pembunuhan pekerja bantuan...

Israel Diduga Sengaja Targetkan Relawan Kemanusiaan di Gaza

Liputantimur.com | Palestina - Rabu 3 April 2024, Lembaga pengawas dan cek fakta, Bellingcat dalam laporannya, Selasa (2/4), membenarkan serangan udara Israel di Gaza membuat...

Disinyalir Berupaya Membungkam Pers, Kuasa Hukum Ilham Rajab Layangkan Somasi Perusahaan Media

Liputantimur.com || Makassar - Salah satu  ketentuan yang diberlakukan tentang tanggung jawab institusi pers dari setiap pemberitaan yang disebar ke wilayah publik yang secara...

300 Mayat di Kompleks Shifa dan Kehancuran yang Meluas Setelah Tentara Israel Mundur

Liputantimur.com || Palestina - Senin 1 April 2024. Sumber-sumber Palestina mengumumkan pada hari Senin bahwa tentara Israel menarik diri dari Kompleks Medis Shifa di...

Orang Tua Korban Pelecehan Tunjuk Elhan Law Firm Sebagai Kuasa Hukumnya

Liputantimur.com | Makassar - Tidak terimah anaknya mendapat perlakukan Pelecehan Seksual disalah satu hotel, Seorang ibu rumah tangga (IRT) di jalan daeng kuling parangtambung...

Demonstrasi Besar-besaran di Yaman, Irak dan Yordania untuk Mendukung Palestina

Liputantimur.com || Palestina - Hari ini, Jumat 29 Maret 2024, demonstrasi terjadi di Irak, Yordania, dan Yaman untuk mendukung Jalur Gaza, yang terus menerus...

Penanganan Kasus Dugaan Mafia BBM di Sinjai Terkesan Lamban, Putra Daerah Angkat Bicara

Liputantimur.com, Sinjai, Sulsel - Polres Sinjai diduga lamban menangani 3 truk pengangkut BBM yang diduga ilegal, Ketua umum Koalisi Perjuangan Pemuda Mahasiswa (KPPM) angkat...

Setengah Abad RSUD Undata, Begini Harapan Gubernur Sulteng 

Liputantimur.com | Palu - Memasuki usianya yang sudah setengah abad, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura berharap Rumah Sakit (RS) Undata tetap menjadi andalan,dan selalu...

Kukuhkan Yayasan Senyum Sehat, Ini Harapan Gubernur Lewat Kadis Kesehatan 

Liputantimur.com, Palu - Yayasan Senyum (YS) Sulawesi Tengah (Sulteng) diharap kerjasamanya guna menurunkan prevalensi celah bibir dan lelangit, meningkatkan cakupan pelayanan dan mengikis stigma...

Walikota Makassar Danny Pomanto : Tim Detektor Mulai Bekerja 2 Juli 2021

Makassar, liputantimur.com - Tim Detektor (TDR) Kota Makassar yang dibentuk  beberapa bulan lalu oleh Pemerintah Kota Makassar mulai bekerja pada 2 Juli 2021. TD akan...

Dokter Bedah Inggris Temui Kasus-kasus Paling Mengerikan di Jalur Gaza

Liputantimur.com || Gaza - Konsultan dokter bedah Inggris yang menjadi sukarelawan di Jalur Gaza, Dr Nick Maynard, menemui kasus mengerikan di Jalur Gaza setelah...

Modus Bertamu, Oknum TNI – AD diduga Melakukan Pencabulan Anak dibawah Umur

Liputantimur.com | Kalimantan Utara - Seorang Oknum Aggota TNI AD berinisial A yang bertugas di Satgas Yonif 613 Raja Alam diduga telah melakukan pelecehan...

Penyebab Kematian Ayu tak Jelas, Dibunuh atau Bunuh Diri ?

Liputantimur.com, Makassar – Selama kurang lebih  1,8 tahun berharap bisa bertemu anak di rumah, namun yang didapat oleh pasangan Bakri dan St.Fatimah adalah perpisahan...

Hari Jum’at ini PP GAMARI Taja Bakti Sosial dan Seminar Kesehatan

PEKANBARU,Riau | Liputantimur.com - Pernyataan itu langsung disampaikan Ketua Presidium Pusat (PP) Gabungan Aksi Mahasiswa Alumni Riau (GAMARI), pada saat ditemui di halaman Kantor...

11 Masalah Lingkungan Hidup yang Jadi Ancaman Mahluk Bumi

  Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar...