Beranda OPINI Mau jadi Penguasa?, Lima pihak ini harus Dirangkul (Bagian ke tiga)

Mau jadi Penguasa?, Lima pihak ini harus Dirangkul (Bagian ke tiga)

Sulit membayangkan sebuah organisasi bisa cepat membesar dan kuat apabila pemimpinnya secara finansial lemah” (Guru Besar Fakultas Hukum Unhas Achmad Ali).

Oleh : Pettarani,SH

Pelaku Usaha 

jokowi, Yusuf Kalla, Aburizal Bakri, Hary Tanoe, Surya Paloh, Sandiaga Uno, Eric Tohir, dll adalah sedikit nama dari sejumlah nama pelaku usaha (busines man)di Indonesia.

Apa yang kita tahu dari mereka di luar urusan pengembangan usahanya ialah nama-nama mereka juga menonjol di dunia politik praktis. Jokowi presiden dua preiode. Yusuf Kalla dua kali memangku jabatan politis nomor dua di Indonesia: Wapres.

Aburizal Bakrie pernah Ketua Umum Partai Golkar dan menjabat menteri. Hari Tanoe ketua Partai, Surya Paloh duduk di kursi nomor satu di Nasdem, sandiaga Uno mantan Wagub DKI medampingi Anies Baswedan dan kini menjabat Menteri Pariwisata .Erick Tohir menjabat menteri BUMN.

Fenomena pelaku usaha menduduki jabatan politik yang strategis dalam suatu negara tidak hanya terjadi di Indonesia tetap juga dihampir semua negara di dunia.

Donald Trump di Amerika Serikat. Saat dia terpilih menjadi Presiden negeri Paman Sam ini, di adalah termasuk dalam kelompok pengusaha papan atas negerinya.

Demikian juga dengan Perdana Menteri Inggris yang baru  Rishi Sunak adalah pengusaha papan atas di negeri ini. Menurut satu laporan, kekayannya melebihi kekayaan King Charles yang baru menggantikan posisi ibunya Queen Elizabeth II yang wafat.

Kita melihat Silvio Berlusconi. Orang kaya ini menjadi perdana menteri Italia selama empat kali pemerintahan. Dia meraih kekayaannya dari bisnis media.

Forbes mencatat, pada 2016, Berlusconi memiliki kekayaan USD 6,2 miliar yang menempatkannya di urutan ke lima terkaya di Italia.Dia juga masuk ke dalam daftar pria paling berpengaruh di dunia.

Selanjutnya,Petro Poroshenko dari Ukrania.Kekayaannya mencapai USD 760 juta. Dia menjadi presiden Ukrania sejak 2014 setelah sebelumnya menjadi menteri luar negeri dari 2009-2010.

Shinawatra punya cerita yang sama. Dia adalah salah satu pengusaha media terkaya yang menjadi perdana menteri Thailand sejak 2001-2006.

Dia pernah dihukum penjara selama dua tahun lantaran tuduhan penyalahgunaan kekuasaan.Meski begitu dia tetap menyebarkan pengaruh politiknya melalui partai yang didirikannya.

Meski kehilangan banyak uang setelah berhenti dari kekuasannya, dia masih menjadi salah satu miliarder terkaya dunia dengan total kekayaan sebesar USD 1,8 miliar.

Di Libanon dunia mengenal Rafiq Hariri. Orang kaya ini dapat menduduki jabatan Perdana Menteri Libanon selama dua periode. Kekayaanya diraih dari kerajaan bisnisnya mulai dari konstruksi, real estate, media dan telekomunikasi.

Seluruh bisnisnya membuat hartanya melimpah hingga bernilai USD 10 miliar. Dia meninggal lantaran dibunuh pada 2005 di Beirut.

Sebastian Pinera presiden Chili sejak 2010-2014. Dia memulai bisnisnya sebagai penjual kartu kredit hingga melebar ke bisnis penerbangan, pertambangan, media, real estate dan farmasi.

Masih banyak lagi dimana semua fakta ini menegaskan bahwa pelaku usaha punya tempat terhormat di tangga struktur sosial dalam masyarakat dan mampu merebut kekuasaan.

Betapa kuatnya pengaruh kelompok pelaku usaha terhadap perebutan kekuasaan dalam satu negara tak bisa dihindari sebab manusia sejak lajir sudah membawa sifat ingin berkuasa.

Bukti anak manusia membawa sifat ingin berkuasa atau mendominasi  sejak dalam kandungan ialah prilaku cabang bayi kembar dalam kandungan. Peneliti melihat di layar monitor kedua anak saling berebut makanan.Masing masing ingin lebih dulu dari lainnyadengan cara saling tendang.

Di samping memiliki kekayaan dengan jumlahnya di atas rata-rata dan sebagai pemilik parpol, para pelaku usaha, utamanya golongan atas, juga memiliki kekuatan dalam bentuk jaringan bisnis, karyawan dalam jumlah ribuan, penggemar atau simpatisan yang jumlahnya dalam hitungan puluhan ribu di seluruh penjuru republik Indonesia.

Praktis orang-orang ini memiliki nilai tawar politik yang tinggi terhadap parpol maupun rezim yang berkuasa.

Dua pola

Tampaknya dimana-mana sama saja pola pelaku usaha merebut kekuasaan. Pola pertama kita sebut pola pasang badan. Di sini gerakan para pelaku usaha tampak di permukaan.

Awalnya masuk ke parpol sebagai kader. Karena bargaining power kuat, posisi strategis di parpol menjadi miliknya.

Memasuki pilpres dan pilkada, pelaku usaha duduk di barisan utama timses karena sanggup memodali calonnya. Kalau calonnya menang, otomatis ybs mendapat kekuasaan.Seperti apa kekuasaan yang akan diberikan, tergantung deal.

Pola kedua ialah pola laten, gerakannya tidak tampak di permukaan.Banyak alasan penolakan tampil di depan umum. Namun yang pasti pelaku usaha dibelakang layar ini tidak mau terganggu urusan bisnisnya dan menghindari sorotan publik.

Di sini para pelaku usaha hanya berperan sebagi memasok dana sesuai kebutuhan calon.Tentu ada imbalannya.Seperti apa bentuk imbalan,tergantung deal.

Sejumlah pakar politik mengatakan pelaku usaha bernafsu ingin berkuasa dalam satu negara karena didorong oleh dua faktor utama : menjaga dan mengembangkan propertinya di satu sisi dan di sisi lain ia ingin memperjuangkan idiologinya.

Untuk mewujudkan impiannya, pelaku usaha mendirikan parpol atau ia masuk parpol.Ini konsekuensi dalam negara demokrasi. Sebagi kendaraan politik, parpol yang diandalkan dapat mengantar ke kursi kekuasaan.

Sebab itu jika anda ingin berkuasa bermitralah pada pelaku usaha, utamanya kelompok pengusaha papan atas yang sejalan dengan idiologi anda. Niscaya mereka bersedia.(*)

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Kasus Pencabulan Anak Usia 3 Tahun Sudah Masuk Tahap Persidangan

Liputantimur.com | Makassar - 15 Juli 2024, Kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur kembali mencuat dan memicu perhatian publik. Kali ini, seorang anak...

Usut Tuntas Dugaan Pemotongan Insentif Pegawai Pemkot Surabaya

Liputantimur.com | Surabaya - Menindak lanjuti informasi dan temuan di masyarakat, Ketua Aliansi Madura Indonesia (AMI) Baihaki Akbar mendesak agar pihak KPK RI, BPK...

Penggerebekan di Kota Gaza dan Peningkatan Jumlah Syuhada Akibat Pembantaian

Liputantimur.com | Palestina - Hari ini, Minggu 14 Juli 2024, tentara pendudukan Israel terus melancarkan serangan kekerasan di Jalur Gaza, setelah pembantaian mengerikan yang dilakukannya...

Didi Sungkono : Oknum Polisi Kurangi BB Sabu, Harus di PTDH, Jangan Dilindungi oleh Pimpinan Polri

Liputantimur.com | Surabaya - Penangkapan 5 oknum anggota Polisi berdinas di Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah (Jateng) terkait mengurangi barang bukti (BB) narkotika berjenis sabu...

Sedang Asik Berduaan Sambil Bugil Dalam Kamar, Seorang Oknum PNS di Mojokerto Digrebek Suami

Liputantimur.com | Mojokerto - Seorang oknum PNS di Mojokerto berinisial RP (34) digrebek saat asik berduaan sambil bugil dengan Pegawai Harian Lepas (PHL) di dalam kamar...

Judi Sabung Ayam Merajalela Oknum Terkesan Kebal Hukum

Liputantimur.com | Blitar - Viral di medsos dan media online, maraknya perjudian sabung ayam, meresahkan masyarakat yang keberadaannya di Wilayah Njari desa Bajang pembatasan...

Breaking News, Trump Tampak Terluka Diduga Mengalami Penembakan!

Liputantimur.com | Amerika - Mantan Presiden AS Donald Trump dievakuasi dan tampak terluka setelah suara tembakan terdengar di acara kampanyenya di Butler, Pennsylvania pada...

Satpol PP Bojonegoro Tertibkan Rumah Kos dari Perbuatan Asusila

Liputantimur.com | Bojonegoro - Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro...

Penyeludupan Halal, Cara Warga Gaza Bertahan Hidup

Liputantimur.com | Palestina -  Cara Warga Gaza bertahan hidup dengan melakukan penyelundupan barang secara halal di tengah gempuran serangan Israel. Seperti dilansir Spirit of Aqsa,...

Polisi Edukasi Bahaya Kekerasan Anak pada Guru Sekolah

Liputantimur.com | Sidoarjo - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Sidoarjo secara masif memberikan edukasi, tentang upaya perlindungan sekolah terhadap bahaya kekerasan dan...

Pelanggaran, Oknum Perangkat Desa Cangaan Gunakan Mobil Siaga Desa Mengisi BBM Subsidi Pertalite

Liputantimur.com | Gresik - Pada tanggal 09 Juli 2024 Selasa malam telah ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum perangkat desa di Cangaan, Ujung Pangkah,...

PT Slamet Putra Rekanan PT Petrokimia Gresik Tidak Berikan Uang Pesangon ke Karyawannya Dari Tahun 2012 Hingga 2016

Liputantimur.com | Gresik - Para buruh atau karyawan PT Slamat Putra rekanan dari PT Petrokimia Gresik menuntut uang pesangon mereka. Karyawan PT Slamet Putra menceritakan,...

Sempurnakan Ibadahmu Saat 10 Hari Terakhir Ramadhan

Oleh : Abraham Taufiq ( Koordinator Dompet Karyawan Peduli Sulsel ) Liputantimur.com - Komunitas Dompet karyawan Peduli atau DKP Sulsel pada bulan Suci Ramadhan sangat...

Terkait Hukuman Mati Bagi Herry Wirawan, Ridwan Basri Kritik Kekhawatiran Komnas HAM

LIPUTANTIMUR| Makassar, Sulsel - Direktur Eksekutif Celebes Intelectual Law, Ridwan Basri S.H.,C.L.A, mengkritisi kekhawatiran Komnas HAM yang mengingatkan Kejaksaan Agung dalam menerapkan hukuman mati...

Kebijakan Dispendukcapil Surabaya Menimbulkan Keresahan dan Kegaduhan, DPP AMI ; Meminta Seluruh Pimpinan Dispendukcapil Surabaya Mengundurkan Diri Saja

Liputantimur.com | Surabaya - Ketua Umum Aliansi Madura Indonesia (AMI) Baihaki Akbar, miris melihat Keresahan dan kegaduhan 42.804 warga kota Surabaya yang diduga bersumber dari...

DanLanal Palu Beserta Ibu Hadiri Puncak HUT Kota Palu ke-44 

Liputantimur.com, Palu - Masih dalam memeriahkan HUT Ke-44 Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) Komandan Lanal (DanLanal) Palu Letkol laut (P) Muhammad Catur Soelistyono, S.H.,...

Pengurus SPJ Dikukuhkan, Suryadi Ome : Ajang Silaturahmi Antar Paguyuban

Liputantimur.com | Bulungan - Serikat Pemuda Jawa (SPJ) Kalimantan Utara sukses melaksanakan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Pusat, Minggu, (24/7/2022). Kegiatan tersebut dirangkai dengan silaturahmi...

Didampingi Kuasa Hukumnya, Kedua Orang Tua Almarhumah Ayu Resmi Melaporkan RT di Mapolda Sulbar

Liputantimur.com, Mamuju, Sulbar - Terkait kasus kematian tidak wajar Sri Hastuti Ayu Andira di Kabupaten Mamasa, didampingi Penasehat Hukum, Bakri orang tua korban resmi...

Konsep Outdoor, PBSI Sulteng Resmi Dilantik Langsung Sekjen Pusat

Liputantimur.com, Palu - Pelantikan pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Sulteng pada Minggu (29/5/2022) mengusung konsep berbeda. Agenda seremoni yang biasanya dilangsungkan di indoor...

Terkait Peredaran Gelap Narkotika, Bupati Gayo Lues Segera terbitkan Perbup Wajib Lapor

Liputantimur.com. Gayo Lues - Peredaran gelap Narkotika merupakan kegiatan atau serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh seorang secara tanpa hak atau melawan hukum yang merupakan...

Aksi Demonstrasi Organda se-Sulsel, PP-HPMB Layangkan 4 Tuntutan ke Pemkab Bantaeng

Liputantimur.com, Makassar - Aksi Demonstrasi yang dilakukan oleh Aliansi Organisasi Kedaerahan (Organda) se- Sulsel pada Kamis, 14 April 2022 kemarin di Depan Kantor DPRD...