Beranda Info SULSEL Puluhan Peserta Ikut Pendidikan Paralegal di PBH LIN SULSEL

Puluhan Peserta Ikut Pendidikan Paralegal di PBH LIN SULSEL

Liputantimur.com, Makassar – Dewan Pimpinan Wilayah Perhimpunan Bantuan Hukum Lembaga Imparsial Negara (PBH LIN) Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal angkatan 01.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari beberapa daerah dan terbagi dalam dua kelompok, mahasiswa dan Umum.

Pendidikan dan pelatihan paralegal ini dimulai pada Jumat 09 – 11 Juni 2023 di Ballroom Latimojong, Lantai 5, Hotel MAX, Jln. Topas, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Hadir Gerard Joost Tewuh, S.H, M.Si., selaku Pendiri yang juga sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP PBH LIN) sekaligus membuka kegiatan pendidikan paralegal didampingi Erwin Mahmud S.H., Sekretaris Jendral (Sekjen) PBH LIN dan Abdul Aziz, selaku Ketua (DPW PBH LIN), Penasehat dan anggota pengurus/Panitia kegiatan.

Selain itu, hadir Narasumber/Pemateri Prof. DR. Maskum S.H., LL.M., Ketua Prodi Fakultas Ilmu Hukum Unhas, Yusuf Rukka S.H., M.H., Advokat, Anselmus Aldrin Rangga Masiku, S.H., M.H., Pakar Hukum, Hartini Fanny Angreni, S.H., M.H., Advokat, dan Rahman S.H.,M.H., Advokat.

Adapun Materi pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal PBH LIN tersebut di antaranya terkait Keparalegalan, Ham, Advokasi, Hukum dan Demostrasi, Struktur Masyarakat dan praktek Peradilan Semu dan evaluasi oleh semuah peserta.

Tidak sampai di situ, pada Pendidikan Paralegal ini akan dilanjutkan dengan proses magang oleh para peserta selama 3 bulan di PBH LIN sebagai syarat untuk mendapatkan Rekognisi dari Badan Penyuluhan Hukum Nasional (BPHN).

Rekognisi adalah pengakuan terhadap Paralegal yang telah berperan dan berkontribusi dalam pemberian Bantuan Hukum, dalam bentuk surat keterangan (SK) melalui BPHN.

Hal itu tertuang dalam Permenkumham RI Nomor 3 tahun 2021 tentang Paralegal Dalam Memberikan Bantuan Hukum.

Hal itu diungkapkan, Abdul Aziz, Selaku Ketua PBH LIN Sulsel mengatakan bahwa pendidikan dan pelatihan paralegal ini adalah program yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada individu yang tertarik untuk bekerja di bidang hukum sebagai paralegal.

Sebab Paralegal adalah profesional hukum yang bekerja di bawah pengawasan pengacara untuk memberikan dukungan administratif dan penelitian hukum.

“Program pendidikan dan pelatihan paralegal biasanya ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi, perguruan tinggi komunitas, atau lembaga pelatihan hukum. Program ini dapat berupa diploma, sarjana muda, atau sertifikat, tergantung pada lamanya program dan tingkat pendidikan yang ditawarkan.” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa isi dari program pendidikan paralegal dapat mencakup berbagai mata pelajaran yang relevan dengan hukum dan sistem peradilan.

“Ada beberapa contoh mata pelajaran yang umumnya telah diajarkan dalam program ini,” jelasnya

Baca YBM PLN Serahkan Sejumlah Bantuan untuk Pendidikan dan Sosial di Matim

Seperti di antaranya. Materi Pengantar Hukum dan Demokrasi: Memberikan pemahaman dasar tentang sistem hukum dan prinsip-prinsip hukum yang mendasarinya.

Penelitian Hukum: Mengajarkan keterampilan penelitian hukum, termasuk penggunaan basis data hukum, perpustakaan hukum, dan sumber-sumber hukum lainnya.

Dokumen Hukum: Mempelajari penyusunan dan pengelolaan dokumen hukum seperti kontrak, pernyataan penggugatan, dan perjanjian lainnya.

Etika Profesional: Menyampaikan prinsip-prinsip etika yang berlaku dalam praktik hukum dan tugas-tugas paralegal.

Litigasi: Memberikan pemahaman tentang proses litigasi dan keterlibatan paralegal dalam persiapan sidang pengadilan.

Transaksi Bisnis: Mengajarkan tentang dokumen dan proses hukum yang terkait dengan transaksi bisnis seperti pembelian, penjualan, dan penyusunan perjanjian bisnis.

Serta Penyelesaian Sengketa Alternatif: Memperkenalkan metode alternatif penyelesaian sengketa seperti mediasi dan arbitrase.” Paparnya.

Selain mata pelajaran teoritis, program pendidikan paralegal juga dapat mencakup komponen praktikum yang memberikan pengalaman langsung dalam lingkungan hukum dapat juga melibatkan magang di firma hukum, departemen hukum perusahaan, atau lembaga peradilan.

“Setelah menyelesaikan program pendidikan paralegal, lulusan diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang sistem hukum, keterampilan penelitian hukum, kemampuan untuk menyusun dokumen hukum, dan pemahaman tentang etika profesional dalam praktik hukum. Mereka dapat bekerja di berbagai lingkungan hukum, termasuk firma hukum, departemen hukum perusahaan, lembaga peradilan, atau lembaga pemerintah.” Jelas Abdul Aziz

Baca Menjelang Mubes !! BPH HIMAPRODI HPI Tetap Menyelenggarakan Pelatihan Paralegal Angkatan ke-2

Selain itu, Ketua Umum DPP PBH LIN, Gerard Joost Tewuh, S.H, M.Si. saat ditemui di warkop Sami, Makassar, mengatakan pendidikan paralegal dilaksanakan untuk bagaimana melatih sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Kegiatan kita ini kan pelatihan paralegal, karena memang Sdm ini harus kita latih untuk menjadi paralegal yang dapat membantu masyarakat juga pengacara dapat membantu masyarakat di dalam pengadilan, Kepolisian dan kejaksaan,” Ungkapnya.

Gerard Joost Tewuh menabahkan bahwa “Paralegal ini walaupun bukan berlatar belakang Hukum seperti serjana hukum dia dapat menjadi peserta, banyak peserta kita paralegal yang sangat sangat puas, puas dalam arti pertama karena dia mengerti Hukum, kedua membatu masyarakat walaupun dibantu oleh pengacara mereka bisa membantu baik di kepolisian maupun kejaksaan,” tambahnya.

Doc. Foto bersama saat usai penutupan Pendidikan dan Pelatihan paralegal 1 PBH LIN Sulsel

Lanjut, Gerard menjelaskan bahwa Paralegal boleh mendampingi masyarakat yang tidak mampu di pengadilan jika didampingi oleh pihak pengacara.

“Paralegal boleh mendampingi di pengadilan kalau didampingi oleh pengacara, tapi kasusnya yaitu tentang masyarakat yang tidak mampu,” kata Gerard.

Menurutnya, itu saat dalam pengadilan (Litigasi) namun beda jika di luar pengadilan (non litigasi) semua bisa didampingi paralegal.

“Itu kalau di dalam pengadilan, tapi di luar pengadilan semua, semuanya bisa, (Didampingi Paralegal, red) baik itu pidana, perdata, apa pun,” tutup Ketua Umum DPP PBH LIN. (Tim)

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Upaya Hukum Praperadilan Tersangka Kasus Pelecehan Seksual Kades Kadatong Kandas

Liputantimur.com | Takalar - Kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh Oknum Kades Kadatong AR terhadap NM kini masih terus bergulir di Polres Takalar. Kades...

LIDIK PRO Siap Kawal Kasus Penganiayaan Nakes Di Puskesmas Barombong

Liputantimur.com | Makassar- Kasus penganiayaan yang terjadi di Puskesmas Barombong dilakukan oleh salah seorang tenaga kesehatan terhadap tenaga kesehatan lainnya yakni pegawai rekam medis,...

Korban Penipuan Dana Pinjol di Makassar Masih Gigit Jari, Pelaku Masih Hirup Udara Segar

Liputantimur.com | Makassar - Meski laporan nya sudah di terima beberapa bulan kemarin namun perkara pinjaman online oleh terlapor Ayha warga Tallo ini belum...

Orang Tua Siswa di Takalar Saling Lapor ke Polisi, Kades Patani Berhasil Mediasi Warganya

Liputantimur.com |Takalar - Selaku pemerintah setempat, Kepala Desa Patani berhasil mendamaikan warganya secara kekeluargaan yang sebelum bermasalah terkait persoalan masing-masing anaknya yang berselisih dilingkup...

Diduga Membangun Stal Kuda di Lahan Bermasalah, Walikota Manado: Saya Jongosnya Presiden

Liputantimur.com | Manado - Permasalahan tanah di Sulawesi Utara (Sulut) seolah tiada habisnya. Banyak perkara tanah belum tuntas ditangani aparat penegak hukum, timbul lagi...

DPC LSM Lacak Konut Resmi Laporkan CV. Sangia Karya Mandiri Dugaan Tipikor Proyek Pengaspalan

LIPUTANTIMUR.COM | Kendari, Beberapa waktu lalu Pemerintah Daerah Konawe Utara gencar melakukan pembangunan penataan ibu kota dan beberapa Jalan berbagai kecamatan yang ada di...

Diduga Marak Pungli di Bulukumba, Maritim Muda Serukan Kapolres Baru Dicopot

Liputantimur.com | Bulukumba - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Maritim Muda Cabang Bulukumba Mengeruduk Mapolres Bulukumba, Kamis (11/1/24) Mereka Melayangkan Protes dan Tantangan terhadap Kapolda...

LSM Pemantik Resmi Laporkan Terkait Anggaran Dana BUM Desa, Diduga Berpotensi Merugikan Keuangan Negara.

Liputantimur.com | Takalar - Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Lembaga Pemerhati Masalah Ham, Narkotika Tindak Kriminal dan KKN (LSM Pemantik) resmi melapor ke Kejaksaan Negeri...

Kuasa Hukum Masyarakat Adat Ammatoa Kajang Menduga Pemda Bulukumba Pro PT. London Sumatera

Liputantimur.com | Bulukumba -  Kuasa Hukum Masyarakat Adat Kajang yang di percayakan oleh Ammatoa atau Pimpinan Masyarakat Adat Kajang , DR.Muhammad Nur, S.H.,M.H dari...

Dua Korban Pelecehan Seksual di Takalar Mengajukan Perlindungan ke LPSK

Liputantimur.com | Takalar - Sahabat Saksi Korban (SSK) Sulsel menerima surat permohonan perlindungan dari dua korban tindak pidana kekerasan seksual, NR (18 tahun) dan...

ELHAN RI : Perlu Ada Sangsi Tegas Tindakan Kekerasan Terhadap Siswa

Liputantimur.com || Takalar - Pendidikan seharusnya merupakan lingkungan yang aman dan mendukung kenyamanan bagi anak-anak. Salah satu faktor penting untuk menciptakan lingkungan tersebut adalah...

Terkait Dugaan Pengeroyokan Di SPBU Kalongkong, Polsek Galut Konsisten Penyidikan Tetap Berjalan Sesuai SOP

Liputantimur.com || Takalar - Dipicu gegara pengisian jiregen Jenis Solar , salah seorang wartawan media online ditakalar Jadi korban penganiayaan yang diduga keras dilakukan...

Sinergitas TNI/Polri Gelar Apel Operasi Ketupat Mahakam

Liputantimur, Kutai Kartanegara, Kaltim - Jelang hari raya Idul Fitri 1443 H, Sinergitas TNI/Polri Gelar Apel Operasi Ketupat Mahakam. Operasi Ketupat Mahakam tahun 2022 tema"Wujud...

Diduga Korupsi, Poros Rakyat Indonesia Desak Kajari Tersangkakan 121 Kades di Gowa

Liputantimur.com, Gowa - Ketua Divisi  Advokasi Lembaga Poros Rakyat Indonesia Irfan SH, Mendesak Kejari Gowa, menetapkan 121 kepala Desa selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)...

DPC LSM Lacak Konut Resmi Laporkan CV. Sangia Karya Mandiri Dugaan Tipikor Proyek Pengaspalan

LIPUTANTIMUR.COM | Kendari, Beberapa waktu lalu Pemerintah Daerah Konawe Utara gencar melakukan pembangunan penataan ibu kota dan beberapa Jalan berbagai kecamatan yang ada di...

Burhan Kamma: Tanah yang Dikuasai PT. Semen Bosowa Maros, Harusnya Status Quo

LIPUTANTIMUR, BARRU, SULSEL - Kasus sengketa tanah di Kabupaten Barru, antara Insinyur H. Rusmanto Mansyur Effendy dengan PT. Semen Bosowa Maros terus berlanjut, dan...

Massa GMB Sul – Sel Menuntut Kejati Segera Menuntaskan Kasus Korupsi Bansos di Selayar

LIPUTANTIMUR.COM | MAKASSAR - Gerakan Mahasiswa Bersatu (GMB Sulsel) kembali melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor Gubernur Sulsel dan Kejaksaan Tinggi (Kejati Sulsel) terkait...

Viral Kalah Pilkades Pentolan 01 Ngamuk”Polisi…?”Tidak Berani!

Liputantimur, Sinjai, Sulsel - Telah viral sebuah video berdurasi 2 menit 34 detik, diduga  oknum cakades asal Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, ngamuk usai kalah...

Dpw Lacak Sulsel Gelar Sunatan Massal di Maccini

Liputantimur.com, Makassar, Sulsel - Bertempat di jalan Maccini Raya no 54 Makassar, Sulawesi Selatan, sebanyak 77 orang anak tidak mampu menjalani Khitanan (sunatan) Massal....

Giat Rampung Soal Penyerang di Asrama IPMIL, Sejumlah Tokoh Luwu dan Bone Dipertemukan

Liputantimur, Makassar, - Bahwa pada hari Minggu, tanggal 28 November 2021, sekira pukul 17.30 WITA, bertempat di Cangkiri Koffie by Dottoro Jl. Tupai No....

Dinilai Keluarkan Surat tak Sesuai Fakta, Oknum Kades di Gowa diadukan ke Polisi

Liputantimur.com, Gowa - Seorang warga Desa Magempang Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa bernama Muhammad Salim, melaporkan oknum Kepala Desa inisial MM ke pihak Kepolisian karena...