Beranda Info SULSEL Soal Pengurus Mesjid! Ada Apa Rekaman Lurah dan Periode KIK?

Soal Pengurus Mesjid! Ada Apa Rekaman Lurah dan Periode KIK?

Liputantimur.com, Makassar, Sulsel –  Satu periode kepengurusan Masjid Baabur Rizqi adalah 3 tahun. Ketentuan ini sesuai kesepakatan dalam musyawarah pemilihan pengurus masa bhakti 2021-2023 waktu itu, dan yang terpilih adalah Burhanuddin.

Namun fakta berkata lain, setelah 2 tahun berjalannya kepengurusan Burhanuddin, keluarlah Surat dari Dirut PD Pasar Raya Makassar yang Isinya menegaskan, bahwa masa bhakti kepengurusan Burhanuddin selama 2 tahun (berakhir pada 6 Januari 2023).

Tentu saja pihak Burhanuddin kaget, kok bisa masa bhakti kepengurusannya dipotong setahun. Mengapa dan bagaimana bisa terjadi?

“Saya kaget dan heran kenapa bisa masa Bhakti kami dipotong setahun,ada apa dan mengapa bisa sampai seperti in”, tutur Burhanuddin di ujung telpon kepada indotimpost.com, Sabtu (07/01/2023) pukul.14.25 Wit.

Burhanuddin ketika dinyatakan berakhirnya masa jabatannya menyampaikan, bahwa masa bhakti pengurus masjid Baabur Rizqi selama 3 tahun sebagaimana pengurus sebelumnya.

Sementara dari menurut, Mansyur, dari Pihak PT. KIK selaku pengelolah ketika itu, dikonfirmasi oleh Burhanuddin, terkait SK masa bhakti 2 tahun, mengatakan saat pembuatan SK tidak boleh melebihi jangka waktu dari perjanjian kerjasama Pemkot (Makassar), karena dianggap menyalahi. Sehingga menurutnya semua perjanjian atau kesepakatan apapun akan gugur dengan sendirinya.

“Tabe pak aji, pada saat SK kami buat, kami tidak boleh membuat SK yang melebihi jangka waktu perjanjian kerjasama dengan Pemkot, karena dianggap menyalahi. Karena semua perjanjian atau kesepakatan apapun akan gugur dengan sendirinya,” jelas dia ke Burhanuddin.

Lanjut Burhanuddin, mengatakan bahwa SK dibuat pihak PT. KIK sesuai masa kontrak PT. KIK yang sisa 2 tahun. Jadi tidak sesuai dengan masa bhakti/periode pengurus masjid yang disepakati saat pemilihan yakni 3 tahun.

Sehingga bagaimana mungkin hasil musyawarah jemaah masjid diabaikan oleh seorang Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar?

Apakah memang ada regulasi Pemkot Makassar yang menyebutkan bahwa masa jabatan kepengurusan masjid mengikuti masa jabatan kepala pasar?

Baca juga : Demokrasi Indonesia, Ini Dia Faktor Penghambatnya

Bagi Burhanuddin dkk, langkah yang ditempuh Dirut PD Pasar Makassar Raya merupakan tindakan sewenang-wenang karena tidak menghargai hasil musyawarah jamaah masjid.

Dimana pada akhirnya, tanggal 6 Januari 2022 (tepat dua tahun usia kepengurusan Burhanuddin,dkk), Burhanuddin dkk disingkirkan.

Dan pada posisi kosong pengurus lalu diisi oleh orang-orang kepercayaan Dirut, Kepala Pasar dan bahkan Lurah Daya, Nuralam. Bagaimana penjelasannya semua ini?

Tebar Fitnah

Burhanuddin bercerita bagaimana dia memenangkan pemilihan Ketua Pengurus Masjid Baabur Rizqi, dua tahu silam.

Saat itu tercatat kurang lebih 1000 calon pemilih. Namun panitia hanya bisa menyediakan 800 kertas suara. Singkat cerita, pihak Burhanuddin memenangkan pemilihan dengan selisih suara 89.

Burhanuddin dkk sumringah karena pihaknya bisa mengalahkan ketua yang dulu, yang sudah memegang jabatan kurang lebih 11 tahun yang disebutnya 2 periode.

Rupanya, pihak yang kalah diam-diam tak terima kekalahannya. Karena itu kepengurusan Burhanuddin selalu diguncang.

“Saya sangat curiga, dia tak terima kekalahan sehingga selama dua tahun, dia, ketua yang dulu, selalu menggoyang kepegurusan kami sampai akhirnya dia melihat usahanya saat ini berhasil menggusur kami”, tutur Burhanuddin.

Kecurigaan Burhanuddin dkk itu bukan tanpa alasan. Sebab dia menemukan bukti pernyataan Lurah Daya, Nuralam, yang sempat direkam dan menyampaikan kepada pihak Direktur PD pasar. Di mana isinya berupa tuduhan.

Berkata Lurah, Nuralam, panjang lebar. “Pengalaman kemarin, pengurus yang sekarang ini tidak sangat berfungsi” kemudian “Ada gap-gap diantara warga, jadi mereka mengkotak-kotakkan masyarakat yang ada di dalam pasar. Sehingga saya berkoordinasi dengan kepala pasar, kepala pasar akan mengambil keputusan untuk menunjuk Imam Kelurahan sebagai pejabat sementara dulu dalam mengisi kekosongan daripada kepengurusan Masjid Baabur Rizqi“. Ucapnya lewat rekaman tersebar di whatsapp.

Jelas Lurah Nuralam menuduh bahwa kepengurusan Burhanuddin tidak bekerja dengan baik dan lebih jauh menuduh Burhanuddin dkk memecah belah persatuan warga pasar.

Bisa jadi, tuduhan Lurah ini menjadi pertimbangan Dirut PD Pasar Makassar Raya untuk menyingkirkan Burhanuddin dkk?

Karena ujungnya, Dirut PD Pasar mengeluarkan SK yang isinya memangkas masa kepengurusan Burhanuddin dan meminta kepada Kepala Pasar, Kadir, untuk memediasi musyawarah pemilihan pengurus masjid (lihat surat Dirt PD Pasar ke Kepala Pasar di bawah).

Doc. Perihal Pengelolaan Mesjid Baabur Rizqi oleh Perumda Pasar Makassar Raya.

Musyawarah pun digelarnya tanpa melibatkan pengurus dan hasilnya, Burhanuddin dkk tersingkir. Adapun orang-orang yang duduk di kepengurusan setelahnya bukan wajah baru alias orang-orang yang dulu kalah dalam pemilihan.

Namun, ada yang menarik dari sikap Lurah Daya, Nuralam saat dikonfirmasi Liputantimur.com terkait rekaman beredar tersebut. Namun engang memberikan penjelasan melalui chat whatsapp.

Justru minta ditemui awak media dikantornya untuk wawancara.

“Mhn maaf. Sy mo jawab, klu anda ke Ktr saya,” tutupnya singkat.

Hal yang menjadi pertanyaan. bisakah bu lurah Daya buktikan perkataannya yang menuduh Burhanuddin dkk selama ini telah mengkotak-kotakkan warga dalam pasar juga pegurus Mesjid sangat tidak berfungsi?

Berita terkait : Heboh, Kisruh Antara Pengurus Mesjid dan Pengurus Pasar?

Terpisah. dikonfirmasi melalui chat whatsapp pukul 14:23 wita senin (9/1/23) Mamsur selaku Mantan Kepala Kalla Inti Karsa (KIK) selaku pengelola Pasar Pusat Niaga Daya  sebelumnya.

Terkait masa bhakti pengurus Mesji Burhanuddin dkk dimana disesuaikan dengan masa bhakti penguasaan pasar oleh KIK. Sehingga semestinya 3 tahun dalam satu priode menjadi sisa 2 tahun.

Juga ditanyakan soal bagaimana pengalihan pengelolaan Pasar Pusat Niaga Daya ke PD Pasar ? Namun enggan ditanggapi.

Diketahui. pihak Burhanuddin dan pegurus lainnya yang merasa terdzolimi akan menghadap kepada, Danny Pomanto, selaku Walikota Makassar, terkait pengurus masjid Baabur Rizqi serta nasib sejumalah santri yang dibina selama ini.

Namun hingga berita ini diterbitkan pihak Direktur PD Pasar Makassar sementara berusaha dikonfirmasi. (*)

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Seorang Oknum Kades di Sinjai Diduga Pungli Soal Uang Panai

Liputantimur.com | Sinjai - Kisah miris kembali nodai pelosok bumi panrita kitta 'julukan Daerah Kabupaten Sinjai,red' di mana seorang Oknum Kepala Desa (Kades) di...

Terdakwa Supu Cs Terancam Pasal Berlapis

Liputantimur.com | Makassar – Sidang perkara pidana nomor 529/Pid.B/2024/PN Makasar dengan atas nama terdakwa Supu dan Syamsuddin alias Ancu kembali digelar di Pengadilan Negeri...

Merasa Dicemarkan Nama Baiknya, Oknum Guru Laporkan Akun FB “Siti Chouirunnisa Ai” ke Polda Sulsel

Liputantimur.com | Gowa - Beredarnya di media sosial Oknum Guru di duga melakukan tidak asusila terhadap keponakannya menjadi perbincangan publik ditengah-tengah masyarakat. Lewat kuasa hukumnya,...

Proses Selama 9 Tahun, JPU Hanya Menuntut Terdakwa 4 Bulan Penjara

Liputantimur.com | Bone - Pengadilan Negeri Watampone menggelar sidang lanjutan kasus Pemalsuan Cap Jempol dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kamis,...

Dituding Memeras, Arthur Mumu Laporkan Walikota Andrei Angouw ke Polda Sulut

Liputantimur.com | Manado -  Warga Oldy Arthur Mumu asal lingkungan VII, Kelurahan Paal II, Kota Manado resmi melaporkan Walikota Manado, Andrei Angouw, di Maskas...

Sekdes di Bone Jadi Terdakwa Kasus Penggelapan Sertifikat, PN Watampone Periksa Saksi

Liputantimur.com | Bone - Pengadilan Negeri (PN) Bone menggelar sidang kasus pemalsuan dokumen sertifikat milik H.Mappa yang diduga dilakukan oleh Sekretaris Desa Nagauleng (NL)...

Pengungkapan Kasus Penganiayaan oleh Tim Opsnal Polsek Mariso: Pelaku Menyerahkan Diri Setelah Pengejaran Dramatis

LIPUTANTIMUR.COM | Makassar - Hari Minggu tanggal 28 April 2024 akan diingat sebagai hari di mana keberanian dan ketangkasan Tim Opsnal Polsek Mariso berhasil...

Seorang Caleg Terpilih di Mamasa Kini Tersandung Kasus Dugaan Ijazah Palsu?

Liputantimur.com | Mamasa - Seorang calon legislatif (caleg) di Kabupaten Mamasa kini tersandung kasus dugaan ijazah palsu usai dilaporkan di Polda Sulbar bertempat di...

Banyak Pasukan Israel Angkat Kaki dari Gaza, Netanyahu Berupaya Cari Aman

Liputantimur.com | Palestina - Senin 8 April 2024, Israel menyisakan satu brigade di Jalur Gaza selatan setelah menarik banyak pasukannya dari daerah itu. Sementara Hamas...

Lebih dari 600 Ribu Anak di Rafah Kelaparan

Liputantimur.com| Palestina - Senin 8 April 2024, Juru bicara Dana Anak-anak PBB (UNICEF), James Elder, meningkatkan kewaspadaan atas situasi mengerikan yang dialami lebih dari...

“Polda Sulsel Periksa Rektor UNM Terkait Skandal Pungli CPNS: Siapa Pelakunya?”

LIPUTANTIMUR.COM |MAKASSAR – Penyidik Ditreskimsus Polda Sulawesi Selatan memeriksa Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam terkait dugaan skandal pungutan liar rekrutmen CPNS...

Anak-anak Gaza Menghadapi Jalan Panjang Menuju Kesembuhan

Liputantimur.com | Palestina - Para ahli mengecam kerusakan psikologis akibat kurangnya pendidikan ditambah dengan pemboman, kelaparan, penyakit dan kehilangan, Jum'at 05 April 2024. Dimana delapan...

LSM INTAI Tantang Sekda Takalar Adu Data Dihadapan Kejaksaan Negeri

Luputantimur.com, Takalar - Lembaga Swadaya Masyarakat Investigasi Transparansi Aparatur Indonesia (LSM INTAI) menantang pihak Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar H.Muhammad Hasbi S.STP.,M.AP yang dulu menjabat...

CIA SUDAH OPERASI

Liputantimur, Opini - Pekat terasa. CIA sudah rilis operasi di tanah Indonesia. Pasca President Jokowi ngga larang Vladimir Putin datang ke G20 Summit. Artinya...

Luar Biasa, Bupati Asa Sukses Bangun Tujuh Jembatan Satu Retak

Liputantimur, Sinjai, Sulsel - Tiga tahun memimpin Kabupaten Sinjai, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus berkomitmen untuk merealisasikan program unggulan yang telah dicanangkan. Sama...

Kisah Gadis Cantik Pesan Kamar di Neraka, Langsung Dikabulkan Allah SWT.

Liputantimur.com - Tempatkan rumahku di Neraka, juga handphoneku ini dan hubungilah Allah serta tolong tempatkan sebuah kamar di neraka jahanam untukku". Langsung terkabul. Merinding! Suatu...

*Hadiri Doa Bersama Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Provinsi Riau Bersama Kyai Dan 500 Anak Yatim, Kapolda Riau Serahkan Santunan*

  PEKANBARU, RIAU | Liputantimur com - Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal Sik MH menghadiri doa bersama yang digelar pengurus wilayah Nahdlatul Ulama provinsi Riau...

Jenderal Dudung Tak Bisa Sembunyikan Kebahagiaannya

Liputantimur, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat melakukan dialog dengan Serda Fredrik. “Mungkin...

Kapolri Pastikan Polisi akan Berikan Pelayanan Maksimal Hadapi Arus Balik Lebaran

Liputantimur.com - Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung situasi terkini arus balik Lebaran 2022 serta upaya rekayasa lalu lintas yang diterapkan...

Ketua DPW Forum Alumni Bem Sulsel; Jangan Biarkan Pj Gub Sel-Sel Berjuang Sendiri!!

Liputantimur.com, Makassar - Formatur Ketua DPW FABEM Sulawesi Selatan, menyoroti kebangkrutan Pemprov Sulawesi selatan imbas dari defisit keuangan Rp. 1,5 Triliun Pasca Kepemimpinan ASS....

Ketua LSM GMBI Sulsel Mengatakan, Sepak Terjang Calon Kapolda Sulsel Tak Diragukan Lagi

Liputantimur.com | Makassar, Sulsel - Sebanyak 173 Perwira Di mutasi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram (ST)...