Beranda Info SULSEL Terkait LP LSM GMBI, APKAN RI Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolda Sulsel

Terkait LP LSM GMBI, APKAN RI Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolda Sulsel

Liputantimur, Makassar, Sulsel – Terkait laporan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), ketua DPC APKAN RI Kabupaten Sinjai  Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolda Sulsel.

Sejak tahun tahun 2021 Laporan Lsm GMBi bernomor : B/1795 A 1/X RES 1.24/2021/Ditreskrimum Tertanggal 29 Oktober 2021 kemudian dilimpahkan diPolres Sinjai bernomor: B/ 3809/X/RES/2021/ Ditreskrimum, sampai saat ini belum punya kepastian Hukum, Rabu, (11/05/2022)

Bukan hanya lp LSM GMBI, Sejak tahun 2020 hingga saat ini telah dikabarkan TIM Polda Sulsel telah periksa kontraktor dan Stakeholder di Kabupaten Sinjai.

Hal tersebut, kasus dugaan korupsi telah bergulir sejak tahun 2020 hingga saat ini jadi misteri hingga prosesnya tak punya kepastian Hukum.

Bahkan kabar tersebut ibarat bola liar karena ada beberapa kepala dinas dan kontraktor di periksa di Polda Sulsel terkait proyek yang ada di Kabupaten Sinjai tahun anggaran 2020 dan 2021.

Bahkan saat ini, jadi buah bibir diberbagai kalangan di Kabupaten Sinjai tentang adanya sejumlah kontraktor dan kepala dinas di periksa terkait proyek.

Minta Realisasi Pekerjaan di Audit

Ketua APKAN DPD Sinjai, Andi Baso Lolo Supu minta aparatur Hukum (APH), evaluasi proses pembangunan tersebut. Kamis (21/10/2021).

“Saya minta aparatur penegak hukum (APH) khusus Tipikor polres dan Kejaksaan, evaluasi atau audit pekerjaan bangunan khususnya bangunan sekolah yang ada di Kabupaten Sinjai yang sementara berjalan” ucapnya.

Menurut pantauan Andi Baso pertanyakan bangunan sekolah yang telah di kerjakan berkualitas.

“Kami dari ketua APKAN RI DPD Sinjai, telah menemukan kejanggalan seperti meterial pasir, dll, apalagi saya lihat segi anggaran nominalnya besar tapi terkesan ada pemborosan,” katanya.

Ia berharap, semoga pelaksana sesuai dengan bidangnya dan tidak ada oknum tertentu ikut terlibat.

“Semoga dalam hasil evaluasi oknum tertentu tidak terlibat proyek pembangunan rehab sekolah seperti kalangan BPD, OPD, hingga Wartawan itu sendiri,” harap Andi Baso.

Butuh Kepastian Hukum

Terkait hal tersebut, kini Ketua Aliansi Pemantau Aparatur Negara (APKAN) RI minta pihak kepolisian diproses agar ada kepastian hukum dan kasus tersebut tidak seperti meminta ada terang benderang dalam kasus ini.

“Saya sangat mengapresiasi terkait adanya pihak Dirkrimsus polda sulsel terhadap beberapa Kepala Dinas (Kadis) dan kontraktor terkait dengan beberapa proyek yang ada di Kabupaten Sinjai terkesan realisasinya amburadul,” ujarnya.

Berita terkait:

Terkesan Redup, LSM GMBI Kembali Pertanyakan Kasus Di Sinjai !!!

Dia juga mempertanyakan sejauh mana terkait dengan pemeriksaan yang dilakukan Tim Penyidik Dirkrimsus polda sulsel tersebut.

“Jika memang ada penyimpangan dan dugaan korupsi maka kami mendesak Tim penyidik Dirkrimsus polda sulsel untuk dilanjutkan pemeriksaan ketahap selanjutnya agar tidak menjadi bias dan bahan pertanyaan bagi warga masyarakat Kabupaten Sinjai,” pungkasnya

Korupsi Sulit Dikendalikan

Disisi lain, terkait dugaan korupsi, menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Prof. Mahfud MD menyebut perilaku korupsi di Indonesia sudah tidak terkendali.

Mahfud MD mengatakan perilaku korupsi tersebut telah menjadi perilaku lumrah baik di lingkungan peradilan, parlemen, birokrasi pemerintahan maupun di dunia usaha.

“Ini kan korupsinya tidak terkendali dan mau nyalahkan di mana, pengadilan, parlemennya begitu, birokrasi pemerintahnya begitu pengusahanya begitu, Semuanya sudah bekerja dengan cara-cara itu,” ujar Mahfud dalam dialog prespektif detik.com Kamis (21/04/2022).

Menurut dia, praktek-praktek korupsi ini dapat dihilangkan jika muncul pemimpin yang kuat.

“Teorinya Plato itu dulu, 2500 tahun lalu. Kalau demokrasi itu sudah menjadi anarkis memang harus muncul apa yang disebut Strong Leader pemimpin yang kuat, pokoknya babat aja semua dulu dari pada negara yang hancur,” jelas Mahfud MD.

Laporan Pengancaman dan Penghadangan di Mapolda Sulsel

Pelaporan kasus pengancaman dan penghadangan massa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Humas GMBI Distrik Sinjai Rustam Panjaitan mengungkapkan, laporan ketua GMBI Wilter Sulsel tertanggal 7 Oktober 2021 telah ditindak lanjuti oleh Polda Sulsel.

Sementara Penyelidikan lebih lanjut berkas laporan aduan tersebut dilimpahkan di Polres Sinjai.

“Kapolda Sulsel telah melimpahkan perkara ini ke Polres Sinjai sebagaimana tertuang pada surat pemberitahuan yang kami terima, dengan nomor: B/1795 A 1/X RES 1.24/2021/Ditreskrimum tertanggal 29 Oktober 2021,” kata Rustam di Sinjai, Jumat (19/11/2021).

Diketahui, massa GMBI diadang dan diancam oleh orang tidak dikenal usai menggelar aksi demonstrasi di Kabupaten Sinjai beberapa bulan lalu.

Aksi Unjuk Rasa (UNRAS) dilakukan terkait sejumlah kasus dugaan korupsi di daerah tersebut.

Laporan dilimpahkan di Mapolres Sinjai

Menurut Rustam, pelimpahan perkara tersebut karena tempat kejadian perkara berada di wilayah hukum Polres Sinjai.

“Berdasarkan surat Kapolda Sulsel yang ditujukan kepada Kapolres Sinjai dengan nomor: B/ 3809/X/RES/2021/ Ditreskrimum,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua LSM GMBI Distrik Sinjai Sabir mengungkapkan pihak Polres Sinjai telah menindaklanjuti laporan tersebut.

“Ini baru saja saya dimintai keterangan di ruang penyidik Reskrim Polres Sinjai, selanjutnya beberapa saksi kami akan dipanggil juga untuk memberikan keterangan tambahan,” ungkapnya

Ditempat terpisah, Ketua Wilter Sulsel Drs Sadikin S, berharap bahwa kepolisian Polres Sinjai dapat menindak lanjuti apa yang menjadi tanggung jawabnya selaku penegak Hukum.

“Kami berharap dapat menyelesaikan perkara yang telah dilimpahkan Polda Sulsel sesuai dengan surat pemberitahuan yang diterima, dengan Nomor : B/1795 A 1/X RES 1.24/2021/Ditreskrimum Tertanggal 29 Oktober 2021,”ucap Sadikin dikantor Wilter Sulsel.

Dari data tersebut yang dinilai lambat karena telah bergulir sejak September 2021 hingga saat ini belum ada kepastian Hukum.

Hal itu membuat ketua APKAN RI DPD Sinjai, Andi Baso Lolo Supu minta Kapolri Evaluasi kinerja Kapolda Sulsel.

“Dari beberapa kasus yang telah di proses di pihak kepolisian utamanya di polres Sinjai bahkan yang proses di Polda Sulsel hasil masih misterius atau tidak ada kejelasan,” ujarnya. (*)

Laporan: Rustam Daeng Tompo

Refrefrensi:

  1. Rombongan LSM GMBI di Serang, Kapolres Sinjai Ada Oknum Berusaha Menyusup
  2. Tipikor Polda Sulsel Bersama Kontraktor Pelaksana Tinjau Proyek di Sinjai
  3. Buntut Lelet Tangani Kasus Program Polri Presisi di Pertanyakan
  4. Lsm GMBI di Serang 

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Seorang Caleg Terpilih di Mamasa Kini Tersandung Kasus Dugaan Ijazah Palsu?

Liputantimur.com | Mamasa - Seorang calon legislatif (caleg) di Kabupaten Mamasa kini tersandung kasus dugaan ijazah palsu usai dilaporkan di Polda Sulbar bertempat di...

Banyak Pasukan Israel Angkat Kaki dari Gaza, Netanyahu Berupaya Cari Aman

Liputantimur.com | Palestina - Senin 8 April 2024, Israel menyisakan satu brigade di Jalur Gaza selatan setelah menarik banyak pasukannya dari daerah itu. Sementara Hamas...

Lebih dari 600 Ribu Anak di Rafah Kelaparan

Liputantimur.com| Palestina - Senin 8 April 2024, Juru bicara Dana Anak-anak PBB (UNICEF), James Elder, meningkatkan kewaspadaan atas situasi mengerikan yang dialami lebih dari...

“Polda Sulsel Periksa Rektor UNM Terkait Skandal Pungli CPNS: Siapa Pelakunya?”

LIPUTANTIMUR.COM |MAKASSAR – Penyidik Ditreskimsus Polda Sulawesi Selatan memeriksa Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam terkait dugaan skandal pungutan liar rekrutmen CPNS...

Anak-anak Gaza Menghadapi Jalan Panjang Menuju Kesembuhan

Liputantimur.com | Palestina - Para ahli mengecam kerusakan psikologis akibat kurangnya pendidikan ditambah dengan pemboman, kelaparan, penyakit dan kehilangan, Jum'at 05 April 2024. Dimana delapan...

Rakyat Turki Turun ke Jalan, Tuntut Dihentikan Genosida di Gaza

Liputantimur.com | Turki - Kamis 04 April 2024 Demonstrasi besar-besaran digelar di ibu kota Turki, Ankara mendukung rakyat Palestina dan menuntut diakhirinya genosida yang...

Hampir 200 Pekerja Kemanusiaan di Palestina Gugur Sejak Oktober

Liputantimur.com | Palestina - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan, “sedikitnya 196 pekerja kemanusiaan terbunuh sejak Oktober” di Jalur Gaza, menyusul tragedi terjadinya pembunuhan pekerja bantuan...

Israel Diduga Sengaja Targetkan Relawan Kemanusiaan di Gaza

Liputantimur.com | Palestina - Rabu 3 April 2024, Lembaga pengawas dan cek fakta, Bellingcat dalam laporannya, Selasa (2/4), membenarkan serangan udara Israel di Gaza membuat...

Disinyalir Berupaya Membungkam Pers, Kuasa Hukum Ilham Rajab Layangkan Somasi Perusahaan Media

Liputantimur.com || Makassar - Salah satu  ketentuan yang diberlakukan tentang tanggung jawab institusi pers dari setiap pemberitaan yang disebar ke wilayah publik yang secara...

300 Mayat di Kompleks Shifa dan Kehancuran yang Meluas Setelah Tentara Israel Mundur

Liputantimur.com || Palestina - Senin 1 April 2024. Sumber-sumber Palestina mengumumkan pada hari Senin bahwa tentara Israel menarik diri dari Kompleks Medis Shifa di...

Orang Tua Korban Pelecehan Tunjuk Elhan Law Firm Sebagai Kuasa Hukumnya

Liputantimur.com | Makassar - Tidak terimah anaknya mendapat perlakukan Pelecehan Seksual disalah satu hotel, Seorang ibu rumah tangga (IRT) di jalan daeng kuling parangtambung...

Demonstrasi Besar-besaran di Yaman, Irak dan Yordania untuk Mendukung Palestina

Liputantimur.com || Palestina - Hari ini, Jumat 29 Maret 2024, demonstrasi terjadi di Irak, Yordania, dan Yaman untuk mendukung Jalur Gaza, yang terus menerus...

Pasca Pelantikan Pj Bupati, DEMA UIAD Sinjai Akan Gelar Dialog Interaktif

Liputantimur.com, Sinjai - Eratkan silaturahmi, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai akan gelar dialog interaktif bersama Pemda dan PJ Bupati...

Lidik Pro Sulsel dan Suara Lidik Berbagi Ratusan Takjil Buka Puasa di Makassar

Liputantimur.com | Makassar - Dewan Pimpinam Provinsi (DPP) Lembaga Investigasi Mendidik (Lidik Pro) Rakyat Nusantara berkolaborasi dengan Media Suara Lidik melaksanakan kegiatan "Berbagi Berkah...

Rakerdis LSM GMBI Distrik Gowa, Semua Wajib Di implementasikan Bukan Hanya Sekedar Wacana

Liputantimur.com | Gowa, Sulsel - Para pengurus aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) lakukan rapat kerja Distrik Kabupaten Gowa (Rakerdis),...

Kantor Desa Gattareng Dibobol OTK, Komputer Utama Hilang

Liputantimur.com, Bone, Sulsel - Terjadi pencurian 1 buah komputer dan Printer dengan pengrusakan jendela kaca oleh orang tidak dikenal (OTK) di kantor Desa Gattareng,...

Jangkar : Pemda Takalar Terkesan Sibuk Terapkan Menajemen Konsep, Program Kerja Terabaikan

Liputantimur.com, Takalar - Konsep tata kelola Pemerintahan Kabupaten Takalar selama kurang lebih empat bulan dinahkodai Pejabat (Pj) Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.,Plg, menimbulkan...

Segera, Aksi Unjuk Rasa Jilid II Kasus Primadona Sulut, Arthur Mumu Pastikan Spektakuler

Liputantimur.com | Manado - Arthur Mumu dan Peps Kembuan memastikan akan melakukan aksi unjuk rasa kedua kalinya di Kantor kejaksaan tinggi (Kejati) Sulawesi Utara...

Kasus Kenpark Surut?, Baihaki : Mana Lambang Presisi Polri!

Liputantimur.com, Surabaya, Jatim - Kasus ambrolnya perosotoan Kenpark yang terjadi bulan Mei silam hingga menimbulkan 17 korban, kini kasusnya surut seiring berjalannya waktu seakan-akan...

Gugatan Penggugat Tidak diterima PTUN, Kades Pabentengang : Saya Bersyukur

Liputantimur.com | Gowa - Kades Pabbentengang melakukan Konfrensi Pers di Warkop Philoo bersama Tim Kuasa Hukumnya, pada (14/01/2022). Dalam konfrensi pers tersebut dihadiri oleh Herman...

May Day ; Nasib Buruh di Balik PERPPU Ciptaker

Liputantimur.com, Opini - Hari Buruh menjadi sebuah momentum bagi para buruh menyuarakan keluh kesah serta tuntutan-tuntutanya ke pemerintah maupun ke perusahaan. Tuntutan itu tidak selalu...