Beranda Info SULSEL Terkait LP LSM GMBI, APKAN RI Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolda Sulsel

Terkait LP LSM GMBI, APKAN RI Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolda Sulsel

Liputantimur, Makassar, Sulsel – Terkait laporan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), ketua DPC APKAN RI Kabupaten Sinjai  Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolda Sulsel.

Sejak tahun tahun 2021 Laporan Lsm GMBi bernomor : B/1795 A 1/X RES 1.24/2021/Ditreskrimum Tertanggal 29 Oktober 2021 kemudian dilimpahkan diPolres Sinjai bernomor: B/ 3809/X/RES/2021/ Ditreskrimum, sampai saat ini belum punya kepastian Hukum, Rabu, (11/05/2022)

Bukan hanya lp LSM GMBI, Sejak tahun 2020 hingga saat ini telah dikabarkan TIM Polda Sulsel telah periksa kontraktor dan Stakeholder di Kabupaten Sinjai.

Hal tersebut, kasus dugaan korupsi telah bergulir sejak tahun 2020 hingga saat ini jadi misteri hingga prosesnya tak punya kepastian Hukum.

Bahkan kabar tersebut ibarat bola liar karena ada beberapa kepala dinas dan kontraktor di periksa di Polda Sulsel terkait proyek yang ada di Kabupaten Sinjai tahun anggaran 2020 dan 2021.

Bahkan saat ini, jadi buah bibir diberbagai kalangan di Kabupaten Sinjai tentang adanya sejumlah kontraktor dan kepala dinas di periksa terkait proyek.

Minta Realisasi Pekerjaan di Audit

Ketua APKAN DPD Sinjai, Andi Baso Lolo Supu minta aparatur Hukum (APH), evaluasi proses pembangunan tersebut. Kamis (21/10/2021).

“Saya minta aparatur penegak hukum (APH) khusus Tipikor polres dan Kejaksaan, evaluasi atau audit pekerjaan bangunan khususnya bangunan sekolah yang ada di Kabupaten Sinjai yang sementara berjalan” ucapnya.

Menurut pantauan Andi Baso pertanyakan bangunan sekolah yang telah di kerjakan berkualitas.

“Kami dari ketua APKAN RI DPD Sinjai, telah menemukan kejanggalan seperti meterial pasir, dll, apalagi saya lihat segi anggaran nominalnya besar tapi terkesan ada pemborosan,” katanya.

Ia berharap, semoga pelaksana sesuai dengan bidangnya dan tidak ada oknum tertentu ikut terlibat.

“Semoga dalam hasil evaluasi oknum tertentu tidak terlibat proyek pembangunan rehab sekolah seperti kalangan BPD, OPD, hingga Wartawan itu sendiri,” harap Andi Baso.

Butuh Kepastian Hukum

Terkait hal tersebut, kini Ketua Aliansi Pemantau Aparatur Negara (APKAN) RI minta pihak kepolisian diproses agar ada kepastian hukum dan kasus tersebut tidak seperti meminta ada terang benderang dalam kasus ini.

“Saya sangat mengapresiasi terkait adanya pihak Dirkrimsus polda sulsel terhadap beberapa Kepala Dinas (Kadis) dan kontraktor terkait dengan beberapa proyek yang ada di Kabupaten Sinjai terkesan realisasinya amburadul,” ujarnya.

Berita terkait:

Terkesan Redup, LSM GMBI Kembali Pertanyakan Kasus Di Sinjai !!!

Dia juga mempertanyakan sejauh mana terkait dengan pemeriksaan yang dilakukan Tim Penyidik Dirkrimsus polda sulsel tersebut.

“Jika memang ada penyimpangan dan dugaan korupsi maka kami mendesak Tim penyidik Dirkrimsus polda sulsel untuk dilanjutkan pemeriksaan ketahap selanjutnya agar tidak menjadi bias dan bahan pertanyaan bagi warga masyarakat Kabupaten Sinjai,” pungkasnya

Korupsi Sulit Dikendalikan

Disisi lain, terkait dugaan korupsi, menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Prof. Mahfud MD menyebut perilaku korupsi di Indonesia sudah tidak terkendali.

Mahfud MD mengatakan perilaku korupsi tersebut telah menjadi perilaku lumrah baik di lingkungan peradilan, parlemen, birokrasi pemerintahan maupun di dunia usaha.

“Ini kan korupsinya tidak terkendali dan mau nyalahkan di mana, pengadilan, parlemennya begitu, birokrasi pemerintahnya begitu pengusahanya begitu, Semuanya sudah bekerja dengan cara-cara itu,” ujar Mahfud dalam dialog prespektif detik.com Kamis (21/04/2022).

Menurut dia, praktek-praktek korupsi ini dapat dihilangkan jika muncul pemimpin yang kuat.

“Teorinya Plato itu dulu, 2500 tahun lalu. Kalau demokrasi itu sudah menjadi anarkis memang harus muncul apa yang disebut Strong Leader pemimpin yang kuat, pokoknya babat aja semua dulu dari pada negara yang hancur,” jelas Mahfud MD.

Laporan Pengancaman dan Penghadangan di Mapolda Sulsel

Pelaporan kasus pengancaman dan penghadangan massa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Humas GMBI Distrik Sinjai Rustam Panjaitan mengungkapkan, laporan ketua GMBI Wilter Sulsel tertanggal 7 Oktober 2021 telah ditindak lanjuti oleh Polda Sulsel.

Sementara Penyelidikan lebih lanjut berkas laporan aduan tersebut dilimpahkan di Polres Sinjai.

“Kapolda Sulsel telah melimpahkan perkara ini ke Polres Sinjai sebagaimana tertuang pada surat pemberitahuan yang kami terima, dengan nomor: B/1795 A 1/X RES 1.24/2021/Ditreskrimum tertanggal 29 Oktober 2021,” kata Rustam di Sinjai, Jumat (19/11/2021).

Diketahui, massa GMBI diadang dan diancam oleh orang tidak dikenal usai menggelar aksi demonstrasi di Kabupaten Sinjai beberapa bulan lalu.

Aksi Unjuk Rasa (UNRAS) dilakukan terkait sejumlah kasus dugaan korupsi di daerah tersebut.

Laporan dilimpahkan di Mapolres Sinjai

Menurut Rustam, pelimpahan perkara tersebut karena tempat kejadian perkara berada di wilayah hukum Polres Sinjai.

“Berdasarkan surat Kapolda Sulsel yang ditujukan kepada Kapolres Sinjai dengan nomor: B/ 3809/X/RES/2021/ Ditreskrimum,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua LSM GMBI Distrik Sinjai Sabir mengungkapkan pihak Polres Sinjai telah menindaklanjuti laporan tersebut.

“Ini baru saja saya dimintai keterangan di ruang penyidik Reskrim Polres Sinjai, selanjutnya beberapa saksi kami akan dipanggil juga untuk memberikan keterangan tambahan,” ungkapnya

Ditempat terpisah, Ketua Wilter Sulsel Drs Sadikin S, berharap bahwa kepolisian Polres Sinjai dapat menindak lanjuti apa yang menjadi tanggung jawabnya selaku penegak Hukum.

“Kami berharap dapat menyelesaikan perkara yang telah dilimpahkan Polda Sulsel sesuai dengan surat pemberitahuan yang diterima, dengan Nomor : B/1795 A 1/X RES 1.24/2021/Ditreskrimum Tertanggal 29 Oktober 2021,”ucap Sadikin dikantor Wilter Sulsel.

Dari data tersebut yang dinilai lambat karena telah bergulir sejak September 2021 hingga saat ini belum ada kepastian Hukum.

Hal itu membuat ketua APKAN RI DPD Sinjai, Andi Baso Lolo Supu minta Kapolri Evaluasi kinerja Kapolda Sulsel.

“Dari beberapa kasus yang telah di proses di pihak kepolisian utamanya di polres Sinjai bahkan yang proses di Polda Sulsel hasil masih misterius atau tidak ada kejelasan,” ujarnya. (*)

Laporan: Rustam Daeng Tompo

Refrefrensi:

  1. Rombongan LSM GMBI di Serang, Kapolres Sinjai Ada Oknum Berusaha Menyusup
  2. Tipikor Polda Sulsel Bersama Kontraktor Pelaksana Tinjau Proyek di Sinjai
  3. Buntut Lelet Tangani Kasus Program Polri Presisi di Pertanyakan
  4. Lsm GMBI di Serang 

WARTAWAN LIPUTANTIMUR.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN TIDAK MEMINTA ATAU MENERIMA PEMBERIAN DALAM BENTUK APAPUN

BERITA TERKAIT

Ketum AMI Dukung Penuh Pengesahan UU Perampasan Aset Koruptor

Liputantimur.com, Surabaya, Jatim - Pemerintah akan melakukan reformasi hukum di bidang penegakan hukum. Di antaranya mendorong pengesahan Undang-undang Perampasan Aset. Undang-undang tersebut dinilai horor bagi...

Truk Proyek Antri BBM Subsidi Dikeluhkan, FM : Banyak Kejanggalan

Liputantimur.com | Tarakan – Panjangnya antrian dan kemacetan acap hari terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tarakan merupakan fenomena sosial yang...

Sikap Oknum ASN Viral, APKAN Sinjai : Minta Bupati Memperjelas Sanksi

Liputantimur.com, Sinjai, Sulsel - Viral, Video beredar di sosial media Oknum ASN yang memakai baju Dinas menendang motor pengendara seorang perempuan di Kabupaten Sinjai. Dimana...

RDP Ditolak, Keluarga Ayu Andira Kecewa, Samsul : Dimana Fungsi Wakil Rakyat?

Liputantimur.com, Makassar, Sulsel - Permintaan/permohonan RDP dari keluarga Almarhumah Sri Hastuti Ayu Andira yang meninggal secara tidak wajar di Mamasa Sulbar justru mengecewakan bagi...

DPO Curnak Dihadiahi Timah Panas Oleh Resmob Paneki Res Donggala 

Liputantimur.com, Donggala - Tim Resmob Paneki Polres Donggala akhirnya berhasil menciduk HK alias Suanto (34) di Desa Wombo Mpanau Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Dimana diketahui...

Gelapkan Uang Perusahaan Alfamidi, Kepala Toko Si AC Diamankan Polres Palu

Liputantimur.com, Palu - Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Selatan menciduk oknum Kepala Toko Alfamidi Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, terkait penggelapan...

Sat Resnarkoba Polres Donggala Ciduk Kurir dan Pengguna di Lalundu

Liputantimur.com, Donggala - Satuan Reserse (Sat Res) Narkoba Polres Donggala kembali menciduk dua orang pemakai dan kurir narkoba di Desa Lalundu Kecamatan Riopakava, Kabupaten...

Grebek Pelaku Judi Kupon Putih di Donggala, KBO Reskrim Jelaskan Kronologinya

Liputantimur.com, Donggala - Tim Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Donggala sekitar pukul 15.00 Wita, di Desa Kola-Kola, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala lagi, berhasil...

Kantor DPMPTSP di Geledah, Ini Kata Kasi Penkum Kejati Sulteng 

Liputantimur.com, Palu - Belum lama ini informasi penggeledahan Kantor Dinas Penenaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Tengah (Sulteng), telah menjadi perbincangan dikalangan...

Diduga terlibat Pengeroyokan, Selebgram BE Diperiksa Polisi, Ini Katanya

Liputantimur.com, Makassar - Kasus pengeroyokan yang diduga melibatkan selegram Makassar inisial BE di jalan Sinassara kecamatan Tallo kini memasuki babak baru. Sabtu (13/8/2022). Kasus pengeroyokan...

Ketua DPC AWPI Gowa Sorot Pelayanan BPHTB di BAPENDA

Liputantimur.com, Gowa, Sulsel - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPC AWPI) Kabupaten Gowa, Asywar S.ST.,S.H, menyoroti pelayanan pembayaran Biaya Perolehan Hak...

Resmi Terima Mandat, Arifuddin Siap Besarkan DPD BAIN HAM RI Gowa

Liputantimur.com, Gowa, Sulsel - Arifuddin Resmi menerima mandat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  (DPD BAIN HAM...

Fahd A Rafiq, BAPERA dan Kearifan Lokal

Jakarta -  Barisan Pemuda Nusantara organisasi masyarakat yang dibentuk oleh sekumpulan pemuda hebat dengan satu kata bersejarah yaitu  Nusantara. Fahd A Rafiq sebagai sebagai Pendiri...

Rakorda DPD Partai Nasdem Kota Pekanbaru Berjalan dengan Lancar

Pekanbaru, Riau | Liputantimur.com - (Rapat Kordinasi Daerah) Rakorda Dengan Tema "Semangat Rakorda Menuju Kemenangan 2024 " Dilaksanakan di Hotel Arya Duta Pekanbaru,(15.01.22) Sukses...

Kodam Hasanuddin Siap Bantu Kepolisian Amankan Aksi Unjuk Rasa

Liputantimur, Makassar, Sulsel - Kodam Hasanuddin siap bantu Kepolisian amankan aksi unjuk rasa mahasiswa dari Aliansi BEM seluruh Indonesia (SI), Senin (11/04/2022). Tentara Nasional Indonesia...

Heboh Warga Panjat Tower Sutet, Rahmad Minta Pihak Terkait Pagar Lokasi

Pekanbaru,Riau | Liputantimur.com - Gak nyangka Pagi Warga Dihebohkan Dengan Aksi Seorang Ibu Rumah Tangga Yang Bernama Yulidar 45 thn, warga Jl.Obor RT 02/RW...

Terkait Vaksinasi, Warga Sinjai Sorot Penyelenggara

Liputantimur.com, Sinjai, Sulsel - Warga Sinjai Barat soroti penyelenggaraan vaksinasi yang disinyalir mengandung unsur pemaksaan. Hal itu diungkapkan Ikbal lantaran postingan di media sosial Facebook...

Diduga Mafia Tanah, Sule Dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri

Liputantimur.com, Makassar - Sule Bin Djawa Alias Sulaiman Daeng Serang telah resmi dilaporkan ke Tim Terpadu Pemberantasan Mafia Tanah Mabes Polri oleh kuasa hukum...

Babinsa Koramil Tenggarong Bantu Kelancaran Dalam Kegiatan Serbuan Vaksinasi Kodim 0906/ Kutai Kartanegara

KUTAI KARTANEGARA.liputantimur.com - Serka Heri Sutopo bersama para Babinsa Koramil 0906-01/Tenggarong melakukan pemantauan dan pendampingan dalam kegiatan serbuan vaksinasi Kodim 0906/ Kutai Kartanegara (Kkr)...

Ditolak Rumah Sakit, Begini Kondisi Siswi Viral Yang Dianiaya Temannya

Liputantimur.com, Palu - Usai viral diberitakan pasca pengeroyokan oleh 5 orang teman sebayanya, kondisi Korban diketahui bernama Ulul Azmi (16) tahun salah satu siswi...

Ops Patuh Tinombala 2022 di Mulakan, Begini Imbauan AKP Muhammad Nai

Liputantimur.com, Palu - Adalah Operasi kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Tinombala yang berlangsung selama 14 hari, dimulakan dari sejak tanggal 13 - 26 Juni...